Notification

×

Iklan

Iklan

Kehebohan Emas Antam Palsu 109 Ton, Ini Cara Cek Emas Antam Online Asli Atau Tidak

Sabtu, 01 Juni 2024 | Kali Dibaca Last Updated 2024-06-01T10:45:31Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
SAFAHAD Technology - Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan 6 mantan pegawai PT Aneka Tambang (Persero) Tbk.
Ilustrasi emas Antam, logam mulia, emas batangan.(SHUTTERSTOCK/QUON_ID)
SAFAHAD Technology - Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan 6 mantan pegawai PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. sebagai tersangka penjualan emas ilegal yang dicap dengan logo Logam Mulia (LM) Antam.

Untuk memastikan keaslian emas Antam di tengah kehebohan soal emas Antam palsu, masyarakat bisa mengecek langsung secara online. Antam sebelumnya telah menegaskan bahwa isu ada 109 ton emas Antam palsu yang beredar di masyarakat dalam kurun waktu 2010-2021 tidak benar.

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Antam menjamin keaslian dan kemurnian seluruh produk emas logam mulia yang diproduksi melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia.
Sekretaris Perusahaan ANTAM, Syarif Faisal Alkadrie mengatakan bahwa seluruh produk emas logam mulia ANTAM dilengkapi sertifikat resmi, dan diolah di satu-satunya pabrik pengolahan dan pemurnian emas di Indonesia yang telah tersertifikasi London Bullion Market Association (LBMA).

Oleh karena itu, seluruh produk emas merek Logam Mulia ANTAM yang beredar di masyarakat adalah asli dan terjamin kadar kemurniannya.

"Adapun 109 ton produk emas logam mulia yang diperkarakan oleh Kejaksaan dianggap berkaitan dengan penggunaan merek LM ANTAM secara tidak resmi, sementara produknya sendiri merupakan produk asli yang diproduksi di pabrik ANTAM," katanya, Jumat (31/5).

Baca Selengkapnya, Pages/Halaman 2
Antam juga telah memberikan informasi cara mengenali emas produksi Antam. Di website resminya, Antam menjelaskan bahwa emas murni memiliki cap yang menampilkan kadar kemurnian atau disebut juga dengan fineness dan bobot gram dari emas tersebut.

Khusus Emas LM, akan ada logo perusahaan Antam lengkap dengan jumlah kadar Emas murni sebesar 999.9 persen pada permukaan emas tersebut.

"Semua produk emas ANTAM LM yang asli sudah pasti akan dijual dalam kondisi yang masih dalam kondisi baik dengan kemasan yang tidak ada cacat," tulis Antam.

Produk emas ANTAM LM CertiCard memiliki kemasan anti debu. Kemasan Emas CertiCard ANTAM LM ini juga bisa menjadi salah satu bukti keaslian Emas tersebut. CertiCard bisa digunakan untuk mengecek keaslian produk menggunakan aplikasi CertiEye.

Link download CertiEye untuk HP Android bisa diakses di sini, sedangkan pengguna iPhone bisa mengklik link berikut.

Baca Selengkapnya, Cara cek emas Antam pakai aplikasi CertiEye

Cara cek emas Antam pakai aplikasi CertiEye

Pemilik atau calon pembeli emas Antam LM bisa menggunakan aplikasi HP untuk mengecek keaslian emas.

  • Download aplikasi CertiEye di Play Store atau App Store
  • Buka aplikasi CertiEye di HP
  • Scan kode QR di CertiCard emas Antam LM
  • Logo Antam LM dengan tulisa Authenticated akan muncul jika emas adalah produk asli Antam LM

  • Kejaksaan Agung (Kejagung) pada Rabu (29/5/2024) berhasil mengungkap modus skandal emas swasta yang dicap logo Logam Mulia (LM) Antam. Total ada 109 ton emas ilegal yang beredar.

    "Berdasarkan keterangan saksi dan alat bukti yang ditemukan, maka tim penyidik menetapkan 6 orang saksi sebagai tersangka," kata Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung, Kuntadi, dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Rabu, (29/5/2024).

    Atas kejadian ini, Kejagung menetapkan enam orang mantan General Manager Unit Bisnis Pengelolaan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPP LM) PT Antam sebagai tersangka.

    Keenam eks GM UBPP LM PT Antam yang dijerat itu yakni:
  • TK menjabat periode 2010-2011;
  • HN menjabat periode 2011-2013;
  • DM menjabat periode 2013-2017;
  • AH menjabat periode 2017-2019;
  • MAA menjabat periode 2019-2021;
  • ID menjabat periode 2021-2022.

  • Keenam tersangka diduga telah menyalahgunakan kewenangannya sebagai GM UBPP LM PT Antam dengan melakukan aktivitas ilegal terhadap jasa manufaktur. Mereka melakukan kegiatan peleburan, pemurnian, dan pencetakan logam mulia, yang tidak sesuai dengan aturan Antam

    Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240531142304-37-542806/heboh-emas-antam-palsu-109-ton-ini-cara-cek-online-asli-atau-tidak

    CLOSE