Notification

×

Iklan

Iklan

Surat Yasin: Keutamaan dan Manfaat yang Tersirat

Senin, 08 Juli 2024 | Kali Dibaca Last Updated 2024-07-08T15:51:39Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
Al Quran,Islam,Ayat Al Quran,Quran,Al-Quran,Alquran,Surat Yasin,Yasin,Surah Yasin,Yasin Arab,Yasin Latin dan Arab,Yasin Tahtim dan Tahlil,Surah Yasin Surah Yasin,Surat Yasin Latin,Yasin dan Tahlil,Surat Yasin Arab,Yasin Surah,Bacaan Surat Yasin,Yasin Surat,Surat Yasin Lengkap Arab,Teks Surat Yasin,Teks Surat Yasin Arab
Ilustrasi
SAFAHAD Technology - Sebagai umat Muslim, kita mengakui bahwa Al-Quran adalah pedoman utama yang memandu kehidupan sehari-hari. Kitab suci ini mengandung segala bentuk pengetahuan yang diperlukan oleh umat Islam di seluruh dunia. Meskipun ada pepatah lama mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia, kita sering lupa bahwa bagi umat Islam, Al-Quran merupakan rumah dari segala ilmu.

Namun, pertanyaan yang perlu direnungkan adalah: apakah kita sungguh-sungguh menjadikan Al-Quran sebagai panduan hidup? Ataukah ia sekadar menghiasi rak di rumah kita?

Salah satu surah dalam Al-Quran yang memiliki keistimewaan luar biasa adalah Surah Yasin. Termasuk dalam kategori surah Makkiyah, Surah Yasin terdiri atas 83 ayat yang singkat namun mampu menggugah hati setiap mukmin yang mendengarkannya—bahkan mereka dengan niat buruk dan hati penuh kebencian dapat tersentuh olehnya.
Ayat-ayat di dalam Surah Yasin memiliki kekuatan untuk menyingkirkan niatan jahat karena sifatnya yang mampu menangkal godaan setan atau jin terhadap manusia untuk melakukan perbuatan dosa.

Energi dan Kekuatan dalam Surat Yasin

Berikut beberapa aspek penting dari energi dan kekuatan yang terkandung dalam surat yasin:

1. Menegaskan iman kepada Allah SWT beserta sifat-sifat-Nya serta tugas-tugas malaikat setia-Nya.
2. Mengajarkan keimanan pada Al-Quran disertai hadits-hadits yang mencakup banyak ilmu praktis seperti perilaku sehari-hari, moralitas tinggi, tindakan mulia, dan lainnya.
3. Menyampaikan tentang kekuasaan, keberkahan, serta kemuliaan Allah SWT yang tidak terbatas bagi siapa saja yang beriman dan mencintai-Nya.
4. Menjelaskan mengenai keimanan pada hari akhir, termasuk surga dan neraka, agar manusia menyadari bahwa kehidupan di dunia ini hanya sementara dan dapat berakhir kapan saja.
5. Menguraikan kisah-kisah para nabi, termasuk Nabi Isa AS bersama penduduk Anthakiyah dan lainnya.

Baca Selengkapnya, Keutamaan dari Surat Yasin

Keutamaan dari Surat Yasin

Berikut ini adalah beberapa keutamaan dari membaca Surat Yasin:

1. Untuk Mati Syahid
Seseorang dapat dianggap mati syahid jika telah membaca Surat Yasin satu kali, yang dinilai setara dengan menyelesaikan bacaan Al-Quran sebanyak sepuluh kali. Lebih lanjut, barang siapa yang membiasakan diri membaca Surat Yasin setiap malam setelah sholat malam hingga akhir hayatnya, maka mereka juga bisa dikatakan mati syahid. Hadits menjelaskan bahwa, "Barangsiapa yang membiasakan membaca yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid." (HR. At-Thabrani 7217 berdasarkan pernyataan Anas bin Malik).

2. Ketenangan Batin
Jika seseorang rajin berdzikir dan melengkapinya dengan membaca Surat Yasin di pagi hari, ia akan mendapatkan ketenangan batin hingga sore hari. Begitu pula sebaliknya—jika seseorang membiasakan dirinya untuk membaca Surat Yasin pada sore hari, Allah SWT akan memberikan kebahagiaan dan ketenangan hingga keesokan harinya. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT yang menyatakan bahwa "(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, bahwa hanya dengan mengingat Allah hati akan selalu tenteram." (Ar-Ra'd: 28).

3. Supaya Mencapai Kesuksesan yang Diinginkan
Untuk mencapai kesuksesan yang konsisten dalam karir yang Anda inginkan, salah satu pendekatan yang efektif adalah melafalkan Surat Yasin di rumah 25 kali. Praktik ini dapat membantu memenuhi ambisi seperti berkolaborasi dalam usaha bisnis besar dengan individu yang berpengaruh atau terlibat dalam operasi internasional. Menurut sebuah hadits: "Barang siapa yang membaca surat yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga." (Sunan Darimi, Volume 2, halaman 549)

4. Pengampunan Dosa
Salah satu keutamaan Surah Yasin, sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh At Thabrani, berkaitan dengan pengampunan dosa. Hadits menunjukkan bahwa jika seseorang membaca Surah Yasin di malam hari, dosa-dosa mereka akan diampuni keesokan paginya. Menurut sebuah hadits dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: "Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridaan Allah maka diampuni dosa-dosanya." (HR At Thabrani dan Al-Baihaqi).

5. Peningkatan Iman dan Pahala
Dengan membaca dan memahami arti Surah Yasin, seseorang memperoleh wawasan yang lebih dalam tentang keagungan Allah SWT yang luar biasa dan menghargai kematian, ketangguhan, dan perjuangan yang dihadapi oleh para pendakwah di masa lampau dalam menyebarkan Islam. Pemahaman ini secara inheren memperkuat iman seseorang. Selain itu, Rasulullah SAW Bersabda: "Surat Yasin merupakan jantung Al-Quran. Dan siapa yang membaca Yasin akan diberikan pahala sama seperti 10 kali membaca Al-Quran" (HR At-Tirmidzi dan Ad-Darimi).

Baca Selengkapnya, 6. Memperoleh Kemuliaan
6. Memperoleh Kemuliaan
Pada dasarnya, setiap surat dalam Al-Quran memberikan kebaikan kepada pembacanya. Dengan secara teratur membaca Al-Quran, termasuk Surah Yasin, mereka akan dimuliakan oleh Allah SWT. Hal ini didukung oleh Hadis yang menyatakan: "Siapa yang membaca Al-Quran dan beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahaya mahkotanya lebih baik dibandingkan dengan cahaya matahari di rumah-rumah yang ada di dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal dengan ini ( Al-Quran)," (HR Abu Daud).

7. Dianggap sebagai Keluarga oleh Allah SWT
Pembacaan Al-Quran yang konsisten, termasuk Surah Yasin, memiliki makna dan hak istimewa yang luar biasa. Salah satu manfaat penting adalah dianggap sebagai bagian dari keluarga Allah. Kehormatan ini meluas kepada mereka yang membaca dan menghafal Alquran dengan tekun. Sebagaimana dirujuk dalam Hadis: "Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia. Rasulullah SAW ditanya, ’Siapa mereka wahai Rasulullah?’ Beliau menjawab: ’Mereka adalah Ahlul Qur’an, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang khusus-Nya" (HR Ahmad dan Ibnu Majah).

8. Mendapatkan Syafaat di Akhirat
Abu Umamah Al-Bahili RA menyampaikan bahwa ia pernah mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda: "Bacalah oleh kalian Al Quran. Karena ia (Al-Quran) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafaat bagi orang-orang yang rajin membacanya" (HR Muslim).

9. Jiwa Akan Bersih
Membaca Al-Quran secara rutin juga memiliki dampak positif dalam murnikan jiwa kita. Hal ini dapat dianalogikan dengan bunga yang memancarkan aroma harum. Keutamaan ini tentunya tidak hanya berlaku untuk surat Yasin saja, melainkan seluruh surat dalam Al-Quran. Abu Musa Al-Asy'ari RA meriwiyatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Perumpamaan seorang mukmin yang rutin membaca Al-Quran yaitu seperti buah Al-Atrujah yang memiliki aroma wangi dan rasanya enak. Perumpamaan seorang mukmin yang tidak membaca Al-Quran yaitu seperti buah tamr (kurma) tidak memiliki aroma tapi rasanya manis. Perumpamaan seorang munafik tapi rajin membaca Al-Quran adalah seperti buah Raihanah yang memiliki aroma wangi tapi rasanya pahit. Sementara perumpamaan seorang munafik yang tidak rajin membaca Al-Quran adalah seperti buah Hanzhalah yang tidak beraroma dan rasanya juga pahit" (HR Bukhari dan Muslim).

10. Pemberi Cahaya dalam Kegelapan
Hal ini selaras dengan hadits Rasulullah SAW yang berarti: "Aku wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allah dan Al-Quran sesungguhnya ia adalah cahaya kegelapan, petunjuk di siang hari, maka bacalah dengan sungguh-sungguh." (HR Baihaqi).

Baca Selengkapnya, 11. Memperoleh Pahala Seperti Orang Bersedekah
11. Memperoleh Pahala Seperti Orang Bersedekah
Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang artinya: "Orang yang membaca Al-Quran terang-terangan seperti orang yang bersedekah terang-terangan, orang yang membaca Al-Quran secara tersembunyi seperti orang yang bersedekah secara sembunyi." (HR Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa'i).

12. Mempermudah Proses Wafat bagi Mereka yang Akan Meninggal Dunia
Dalam konteks membantu mereka yang sedang menghadapi akhir hayatnya atau sakaratul maut, nyawanya akan tetap berada hingga kedatangan malaikat ridwan membawa ketenangan menjelang waktu kematiannya tiba. "disunnahkan membaca surat yasin disamping seseorang yang sedang menghadapi kematian." (Al – Majmu Syarh Al muhadzdzab 5 /76 Dar’alim alkitab).

"Membaca surat yasin disisinya mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh." (Tafsir Alqur’an Al-azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi).

Dengan lebih memahami kandungan dan pesan-pesan dalam Surah Yasin, semoga memotivasi kita semua dapat lebih bijaksana, membaca dan menjadikan Al-Quran sebagai petunjuk hidup nyata daripada hiasan belaka.
والله أعلمُ
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
Rujukan:
  • https://www.gramedia.com/literasi/rahasia-surat-yasin/
  • https://jatim.nu.or.id/keislaman/keistimewaan-membaca-surat-yasin-ZcrrH#:~:text=1.,Allah%20memberikan%20keimanan%20yang%20kukuh.
  • https://kalam.sindonews.com/read/536306/68/rahasia-dan-fadhillah-surat-yasin-yuk-amalkan-1631182149
  • https://www.asadenanyar.com/2015/10/rahasia-surat-yasin.html
  • https://www.liputan6.com/citizen6/read/4601721/7-keutamaan-membaca-surat-yasin-lancarkan-rezeki-hingga-hindarkan-malapetaka
  • https://www.merdeka.com/peristiwa/ini-kedahsyatan-membaca-surat-yasin.html
  • https://bondowoso.jatimnetwork.com/khazanah/pr-1824300461/tidak-disangka-kalimat-kun-fayakun-di-surat-yasin-mengandung-5-rahasia-yang-tidak-banyak-diketahui-apa-itu

  • CLOSE