Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

5 Merk VGA Terbaik 2024 untuk GPU Nvidia dan AMD

Rabu, 06 Maret 2024 | X Read Last Updated 2024-03-05T20:07:46Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
VGA juga dikenal dengan istilah kartu grafis atau kartu video. Nah, kartu grafis yang berkinerja tinggi sangat dibutuhkan bagi pengguna komputer yang hobi gaming atau yang bekerja di industri kreatif.
Ilustrasi: 5 Merk VGA Terbaik 2024 untuk GPU Nvidia dan AMD
SAFAHAD Technology - Jika Anda seorang gamer, Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah Video Graphics Array atau disingkat VGA. Ini merupakan perangkat keras komputer yang fungsi utamanya membantu mengubah sinyal digital yang dihasilkan oleh komputer menjadi tampilan layar grafik pada monitor.

VGA juga dikenal dengan istilah kartu grafis atau kartu video. Nah, kartu grafis yang berkinerja tinggi sangat dibutuhkan bagi pengguna komputer yang hobi gaming atau yang bekerja di industri kreatif.

Hal itu karena performa sebuah kartu grafis berhubungan dengan aplikasi atau game ingin dijalankan. Beberapa aplikasi dan game membutuhkan kartu grafis yang memadai agar mereka dapat berjalan lancar.

Nah, kali ini, SafahadTech akan membahas 5 merek atau pabrikan VGA terbaik untuk Nvidia dan AMD sebagai dua produsen prosesor kartu grafis atau GPU teratas di dunia.

1. ASUS

ASUS adalah perusahaan teknologi asal Taiwan yang terkenal dengan produk laptopnya. Lini produk ASUS terbilang luas, khususnya yang berhubungan dengan dunia perkomputeran. Dalam dunia kartu grafis misalnya, merek ASUS sering dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Dunia gaming ASUS, termasuk kartu grafis, yang paling dikenal ada di bawah brand Republic of Gamers atau disingkat ROG. Baik itu ponsel gaming, laptop gaming, maupun kartu grafis dengan merek ROG sering disebut-sebut oleh para praktisi gadget dunia sebagai yang terbaik dan tercanggih.

Kartu grafis ASUS ROG terdiri dari beberapa sub seri, yaitu ROG Matrix, ROG Poseidon, dan ROG Strix. Yang disebutkan terakhir menjadi seri kartu grafis ASUS ROG yang identik dengan kinerja terbaik. Ada lagi seri kartu grafis ASUS kelas budget, seperti TUF dan Dual.

Selanjutnya, 2. MSI

2. MSI

MSI adalah salah satu merek VGA terbaik lainnya yang juga berasal dari Taiwan. Seperti ASUS, MSI juga merupakan nama besar di industri gaming dunia. Perusahaan ini memproduksi beragam laptop gaming unggulan dan beragam produk canggih dunia perkomputeran, termasuk kartu grafis.

MSI punya belasan seri kartu grafis yang membuatnya dapat menjangkau banyak pengguna di tingkatan yang berbeda. Seri kartu grafis paling populer dari MSI adalah GAMING Seris. Sedangkan yang dianggap punya 'best value for money' adalah VENTUS Series.

GAMING Seris misalnya dikenal karena desainnya yang ramping dan 'good looking', tapi juga sangat efisien dan sistem pendinginannya yang senyap. Untuk informasi lebih lanjut mengenai seri-seri kartu grafis MSI, langsung saja kunjungi situs MSI global.

3. Gigabyte

Taiwan bisa dibilang gudangnya produsen kartu grafis terbaik dunia. Karena Gigabyte menjadi merek kartu grafis unggulan lainnya dari negara tersebut. Gigabyte sendiri merupakan produsen dan distributor perangkat keras, dengan bisnis utama pada sektor motherboard.

Secara garis besar, Gigabyte punya tiga seri kartu grafis, yaitu AORUS, NVIDIA Series, dan AMD Series. Brand AORUS juga digunakan pada lini laptop dan monitornya. Kartu grafis AORUS dianggap sebagai produk high-end dari Gigabyte.

Secara umum, Gigabyte mencoba memberikan nilai yang lebih kepada konsumen dari kartu grafisnya, khususnya yang ada di level bawah dan menengah. Yaitu, meskipun tidak memiliki pendinginan yang hebat, mereka cenderung sedikit lebih murah, sehingga menarik konsumen dengan anggaran terbatas.

Selanjutnya, 4. EVGA

4. EVGA

Kini kita beralih ke barat. Menurut Wikipedia, EVGA adalah perusahaan perangkat keras komputer Amerika yang memproduksi kartu video berbasis GPU Nvidia serta motherboard berbasis chipset Intel. Dan di dunia gaming, kartu grafis EVGA mendapatkan penilaian yang bagus.

Seperti produk dari perusahaan teknologi Amerika pada umumnya, kartu grafis dari EVGA dikenal karena kualitasnya yang tinggi. Meski harga kartu grafis high-end-nya bisa cukup mahal, EVGA tetap menyediakan kartu grafis yang ramah di kantong banyak calon konsumennya.

K|NGP|N adalah kartu grafis flagship EVGA. Menurut mereka, kartu grafis K|NGP|N menampilkan kualitas tertinggi dan desain daya terberat dari semua kartu yang ada di pasaran dan mampu memberikan kinerja legendaris di bawah pendinginan sub-zero.

5. ZOTAC

Kembali ke Asia Timur. Kali ini ada ZOTAC yang merupakan produsen perangkat keras komputer yang didirikan dan berbasis di Hong Kong. Perusahaan ini berspesialisasi dalam memproduksi kartu video, PC mini, drive solid-state, motherboard, komputer jinjing, dan aksesori komputer lainnya (Wikipedia).

Seperti EVGA, perusahaan yang relatif muda dalam industri perangkat keras komputer ini hanya menawarkan kartu grafis berbasis GPU Nvidia. Salah satu kartu grafis terbaiknya adalah ZOTAC GAMING GeForce RTX 3080 AMP Holo LHR yang menjadi pemenang Penghargaan reddot 2021.

Berbasis arsitektur NVIDIA Ampere, kartu tersebut dibangun dengan RT Cores dan Tensor Cores yang ditingkatkan, multiprosesor streaming baru, dan memori GDDR6X super cepat. Ini merupakan salah satu kartu grafis terbaik ZOTAC sejauh ini.

Sumber:
  • https://carisinyal.com/merk-vga-terbaik/

  • CLOSE