Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tips Mengatasi NVIDIA Display Settings Are Not Available

Rabu, 06 Maret 2024 | X Read Last Updated 2024-03-05T22:17:09Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
NVIDIA adalah sebuah perusahaan produsen prosesor grafis (graphics processing unit), kartu grafis, dan media dan alat-alat komunikasi untuk komputer pribadi, dan konsol permainan Sony Playstation 3.
Ilustrasi NVIDIA Display Settings Are Not Available
SAFAHAD Technology - Mendengar kata NVIDIA mungkin para gamers sudah tidak asing lagi dengan kata ini. Pengguna komputer pun sudah akrab dengan kata ini, ya NVIDIA adalah sebuah perusahaan produsen prosesor grafis (graphics processing unit), kartu grafis, dan media dan alat-alat komunikasi untuk komputer pribadi, dan konsol permainan Sony Playstation 3. Saingan terberat NVIDIA adalah AMD, yang sama-sama sudah tidak asing lagi terdengar.

Namun apa jadinya jika kita sebagai pengguna NVIDIA mengalami hal tersebut? beberapa minggu kebelakang admin merasakan ini. Awalnya admin akan bermain game, namun game tersebut tidak berjalan, hingga akhirnya admin buka pengaturan NVIDIA dan muncul lah tulisan NVIDIA Display Settings are not Available.

Dengan beberapa cara akhirnya admin bisa memecahkan masalah ini. Berikut adalah Tips yang SafahadTech dapat berikan untuk memecahkan masalah NVIDIA Display Settings are not Available.
Sebelum melakukan Tips ini, lebih baik cermati terlebih dahulu setiap stepsnya, ini untuk menghindari adanya kesalahan dalam memperbaiki laptop atau komputer.

Tips 1: Sambungkan monitor komputer ke port yang benar pada CPU.

Kesalahan ini pernah admin alami ketika admin menggunakan komputer. Ketika admin akan bermain game, muncul kotak dengan tulisan VDIA Display Settings are not Available.

Kesalahan ini dapat terjadi apabila monitor dicolokkan ke port yang salah. Nah jadi pastikan dulu monitor dicolokkan ke port yang benar atau tidak. Jika anda memiliki lebih dari satu port, colokkan kabel ke port lain dulu dan lihat hasilnya.

Selanjutnya, Tips 2: Cek Display Adapters pada Device Manager

Tips 2: Cek Display Adapters pada Device Manager

Jika masih saja ada tulisan NVIDIA Display Settings are not Available. Tips yang kedua adalah Cek Display Adapters pada Device Manager.
Buka Control Panel
Buka Device Manager. Di beberapa type, untuk membuka device manager, kita harus buka Control Panel Kemudian pilih Hardware and Sound kemudian di bagian Device and Printers dan akhirnya klikDevice Manager. Jika masih saja tidak ada, search saja di kotak search di menu tombol start dan isikan kata kunci Device Manager.
Jika sudah masuk device manager, maka akan terlihat menu device manager yang berisi list device. Disini kita klik Display Adapters.
Pada tulisan Nvidia, klik 2x maka akan mucul informasi tentang Nvidia yang anda miliki,
Lihat statusnya, Jika tulisannya This device is working properly, artinya nvidia kita tidak ada masalah. Lalu kenapa ada tulisan NVIDIA Display Settings are not Available ketika buka pengaturan NVIDIA? cek langkah selanjutnya.
Buka Tab Driver, nah cek barangkali statusnya Disable, nah jika disable, tinggal klik saja Enable Device. Done, dalam beberapa kasus, sampai sini saja semuanya sudah beres dan NVIDIAnya tidak lagi ada masalah.
Jika masih belum bekerja dengan baik, pilih Update Driver.
Akan muncul kotak dan kalian pilih Search automatically for updated driver sorftware. Jangan lupa harus terhubung ke internet ya sob.
Tunggu sampai proses selesai. Dan jika sudah beres, dalam beberapa masalah, ketika kita buka pengaturan NVIDIA, tulisan NVIDIA Display Settings are not Available sudah tidak muncul lagi.

Selanjutnya, Tips 3:Uninstall driver dan Instal kembali driver OEM untuk GPU Intel dan NVidia

Tips 3:Uninstall driver dan Instal kembali driver OEM untuk GPU Intel dan NVidia

Dengan 2 cara di atas, admin masih mengalami masalah NVIDIA Display Settings are not Available. Akhirnya admin memutuskan untuk uninstall driver dan Instal kembali driver OEM untuk GPU Intel dan NVidia.

  • Buka kembali Device manager.
  • Klik kanan pada driver Intel Graphics dan pilih Uninstall Device.
  • Akan muncul pesan konfirmasi, klik Ya / Hapus instalan untuk menghapus driver tersebut. Layar kita akan memiliki resolusi yang sangat rendah setelah ini. tapi jangan khawatir, itu karena kita tidak memiliki grphic driver.
  • Kemudian Restart PC sobat.
  • Jika sudah nyala kembali, Unduh dan instal driver yang benar.
  • Pergi ke situs web produsen laptop Anda. Admin mengetahui beberapa web resminya, Klik link dibawah untuk setiap merk laptop
  • Kemudian kita akan ditanyai tag layanan atau nomor seri. nah kita dapat menemukannya di stiker di bagian bawah laptop. Jika stiker rusak, Kita dapat menemukan tag layanan menggunakan cmdlets yang membaca BIOS kita. Click start > tulis PowerShell > buka PowerShell > Tulis “Get-WmiObject win32_bios” (tanpa tanda petik) dan klik enter. nah kita akan menemukan no seri kita.
  • Tulis no seri kita dan kita akan menemukan model laptop kita. Kita akan diberikan pembaruan dan driver. Kita juga dapat memilih untuk mencari laptop kita secara manual atau menggunakan layanan deteksi otomatis.
  • Cari driver grafis kita yang dimaksudkan untuk OS kita (Windows 10, 8, 7 64 bit atau 32 bit) dan unduh keduanya (NVidia dan Intel). Driver ini mungkin lebih tua dari yang kita temukan di situs web GeForce atau Intel, tetapi tenang saja, mereka akan berfungsi. Jangan juga mengunduh driver BETA karena ini akan membuat tidak stabil PC kita.
  • Unutk memperbarui GeForce / NVidia Drivers kita, buka pusat unduhan driver GeForce di sini
  • Kita dapat menemukan driver kita dengan mencarinya secara manual, atau menggunakan 'Deteksi otomatis fitur GPU' atau perangkat lunak pengalaman GeForce untuk mendeteksi dan memperbarui driver GPU kita.
  • Saat mencari secara manual, jangan lupa untuk memilih OS kita. Contohnya, Windows 10 64 bit,jangan lupa juga untuk memfilter pencarian Anda untuk memasukkan hanya driver 'Recommended / Certified' karena driver beta biasanya rusak.
  • Unduh driver terbaru (yang ada di bagian atas daftar)
  • Instal driver grafis Intel yang diunduh terlebih dahulu
  • Instal driver NVidia dengan membuka file yang diunduh. Pastikan kita melakukan instalasi bersih dengan mencentang ‘Lakukan instalasi bersih’ di jendela instalasi NVidia.
  • Restart kembali PC kita. Nah Admin kemarin setelah di uninstal seperti ini, Laptop admin kembali lancar jaya Sob! Gak ada lagi tulisan NVIDIA Display Settings are not Available ketika admin buka pengaturan NVIDIA.

  • Nah itulah Tips untuk Mengatasi NVIDIA Display Settings are not Available. Semoga bermanfaat ya sob. Jangan lupa Share dan Tinggalkan komentar ya sob! Thank you.

    Sumber:
  • https://www.tips-if.id/2019/01/cara-mengatasi-nvdia-display-settings.html

  • CLOSE