Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Arti dari Lambang Tunas Kelapa Pramuka

Kamis, 11 Januari 2024 | X Read Last Updated 2024-01-11T13:12:53Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
Teman-teman tentu sudah tidak asing dengan kegiatan pramuka yang sudah diajarkan sedari pendidikan dasar di sekolah dasar (SD).
pramuka.or.id
SAFAHAD Technology - Teman-teman tentu sudah tidak asing dengan kegiatan pramuka yang sudah diajarkan sedari pendidikan dasar di sekolah dasar (SD). Pramuka dikenal bukan hanya dari seragam cokelatnya, tapi juga lambang tunas kelapa.

Tapi tahukah teman-teman apa makna dari lambang tunas kelapa itu? Pada materi kelas 3 SD, kita akan belajar tentang lambang pramuka. Lambang pramuka diciptakan oleh Sunardjo Atmodiporo yang merupakan Andalan Nasional dan Pembina Pramuka.

Selain itu, Sunardjo juga merupakan pegawai dari Departemen Pertanian, lo. Ia menciptakan lambang pramuka berbekalkan ilmu pertaniannya sebagai pegawai Departemen Peranian.

Tunas kelapa jadi lambang pramuka yang disepakati dengan disahkan melalui Keputusan Kwartir Nasional Nomor 06/KN/72 pada tahun 1972. Pada surat keputusan itu juga dijelaskan makna dari pemilihan bentuk tunas kepala sebagai lambang pramuka. Berikut akan dijelaskan secara sederhana makna dari bentuk tunas kelapa sebagai lambang pramuka.

Makna Lambang Tunas Kelapa

1. Disebut juga dengan Nama Cikal

Tunas kelapa juga sering disebut sebagai cikal, yang memiliki arti permulaan. Penggunaan tunas kelapa sebagai lambang Garakan Pramuka memiliki arti sebagai pemula atau pertama. Jadi, lambang itu menunjukan telah terbentuknya sebuah generasi baru.

2. Tanaman Kuat

Selain itu, tunas kelapa dipilih karena sifat tanaman kelapa yang memiliki daya tahan kuat dalam berbagai kondisi. Sehingga kelapa diartikan sebagai seseorang yang sehat, kuat, dan memiliki tekat yang kuat.

Dengan begitu seluruh anggota pramuka diharapkan bisa menjadi seseorang yang kuat dalam menghadapi segala ujian. Anggota pramuka juga diharapkan jadi pribadi kuat untuk terus mengabdi pada tanah air dan bangsa Indonesia.

Selanjutnya, 3. Bisa Tumbuh di Banyak Tempat

3. Bisa Tumbuh di Banyak Tempat

Kelebihan kelapa lainnya adalah kemampuannya untuk tumbuh di banyak tempat dengan daya tahan tetap kuat dan kokoh. Jadi, dengan sifat tanaman kelapa, diharapkan setiap anggota pramuka bisa menyesuaikan diri di mana saja dan dapat dihandalkan serta berbaur dengan masyarakat.

Sehingga anggota pramuka akan mampu menjadi anggota masyarakat yang memahami situasi dan kondisi lingkungan tempatnya tinggal.

4. Tumbuh Tinggi

Teman-teman pasti sering melihat banyak pohon kelapa yang bisa tumbuh tinggi dan menjulang ke atas. Tingginya pohon kelapa tersebut dilambangkan sebagai sebuah cita-cita dan harapan yang tinggi. Sehingga anggota pramuka diharapkan memiliki cita-cita serta harapan yang tinggi dan tidak mudah goyah.

5. Akar Kuat

Sifat lain dari tanaman kepala adalah akar-akarnya yang kuat menopang tanaman yang tumbuh tinggi. Kuatnya akar ini dilambangkan sebagai keyakinan kuat pada dasar-dasar dan landasan yang baik, benar, kuat, dan nyata. Sehingga seluruh anggota pramuka diharapkan bisa jadi pribadi yang kuat untuk meraih segala cita-citanya.

6. Tumbuhan Serba Guna

Kepala juga merupakan tumbuhan serba guna, yaitu pada bagian daun, batang, hingga buah semuanya bisa dimanfaatkan manusia. Sehingga setiap anggota pramuka diharapkan bisa menjadi manusia berguna, bisa diandalkan, dan berbakti pada bangsa serta negara.

Jadi, penggunaan lambang tunas kelapa merupakan gambaran dari seluruh anggota pramuka. Semua anggota pramuka diharapkan memiliki sifat seperti tanaman kelapa yang kuat dan berguna.

Dengan mengenal makna dari lambang tunas kelapa, para anggota pramuka bisa tumbuh mejadi pribadi yang lebih baik.

Sumber: bobo.grid.id

CLOSE