Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kenali 5 Penyebab Kompor Gas Apinya Nyala kecil dan Cara Mengatasinya

Rabu, 09 Agustus 2023 | X Read Last Updated 2023-08-09T09:24:41Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
SAFAHAD Technology - Banyak faktor yang menjadi penyebab kompor gas apinya kecil. Nah, biar kegiatan memasak kamu tidak terganggu, yuk pahami penjelasannya dan cara memperbaiki kompor gas apinya kecil berikut ini.
ilustrasi Kenali 5 Penyebab Kompor Gas Apinya Nyala kecil dan Cara Mengatasinya
SAFAHAD Technology - Banyak faktor yang menjadi penyebab kompor gas apinya kecil. Nah, biar kegiatan memasak kamu tidak terganggu, yuk pahami penjelasannya dan cara memperbaiki kompor gas apinya kecil berikut ini.

Seiring usia pemakaiannya, kompor gas menjadi bermasalah sehingga membuat proses memasak jadi lebih lama dari biasanya. Di antara masalah yang kerap terjadi adalah api kompor gas tidak stabil, bahkan ada yang menyala api yang kecil.

Kenapa kompor gas apinya tidak stabil?, Kondisi tersebut bisa saja terjadi lantaran ada kotoran yang menyumbat selang kompor atau tungku, sehingga api menyala kecil.

Agar kamu semakin jelas, mari kita simak berbagai penyebabnya yang SafahadTech lansir dari laman resmi Rinnai.

Penyebab Kompor Gas Apinya Kecil
1. Corong Api Tersumbat Kerak
Kotoran hasil sisa memasak yang menyumbat bagian corong api, menjadi Salah satu sebab umum mengapa kompor gas kecil adalah adanya kotoran hasil sisa memasak yang menyumbat bagian burner atau corong api.

Burner kompor gas yang jarang dibersihkan juga berpotensi menjadi penyebab kompor gas tidak menyala. Untuk mengatasinya, rutinlah membersihkan area kompor tersebut dengan menggunakan campuran baking soda dan lemon, agar kotoran terangkat dengan mudah.

2. Katup Gas Bermasalah
Katup atau regulator gas rusak juga memicu kompor gas apinya kecil. Regulator merupakan komponen penting pada kompor yang berfungsi menghubungkan antara tabung gas dengan kompor.

Untuk membuat kompor gas 1 tungku api kecil menjadi benar kembali ialah dengan memanggil jasa perbaikan kompor profesional.
Sebab, kalau salah langkah dapat menyebabkan kompor gas meledak dan pastinya berbahaya untuk kamu dan anggota keluarga lainnya.

Selanjutnya, 3. Tungku Tertutup Kotoran
3. Tungku Tertutup Kotoran
Tungku kompor menjadi salah satu elemen penting yang harus selalu dijaga kebersihannya. Sebab, jika bagian ini tertutup kotoran, maka bisa menjadi penyebab kompor gas apinya kecil dan merah. Adapun untuk mencegah api kompor gas tidak stabil, kamu harus rutin membersihkannya setelah kegiatan memasak selesai.

4. Selang Gas Kotor
Selang gas juga menjadi elemen penting yang berfungsi mengalirkan gas dari tabung LPG keg tungku. Salah satu masalah yang membuat nyala api menjadi kecil ialah ada bagian selang gas LPG tersumbat kotoran.

Bila hal ini terjadi, maka cara memperbaiki kompor gas Rinnai api kecil adalah dengan melakukan cek secara berkala untuk memastikan aliran gas tidak terhalang. Namun, penting untuk diketahui harap berhati-hati ya saat melakukan pengecekan, agar tidak terjadi selang gas bocor.

5. Bagian Pemantik Api Bermasalah
Pemantik kompor gas kotor juga bisa menjadi sumber masalah yang membuat api di tungku menjadi kecil. Cara mengatasinya bila hal ini terjadi ialah dengan rutin membersihkan bagian pemantik, agar kotoran tidak sampai berkerak dan menyumbat komponen tersebut.

Demikianlah berbagai penyebab kompor gas apinya kecil lengkap dengan cara memperbaikinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya!.[realestat]

CLOSE