Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pencetus dan Yayasan yang Mengelola Ensiklopedia Wikipedia

Kamis, 13 Juli 2023 | X Read Last Updated 2023-07-12T22:00:03Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
SAFAHAD Technology - SAFAHAD: Wikipedia merupakan ensiklopedia yang bebas diakses berbasis Internet.
ilustrasi Pencetus dan Yayasan yang Mengelola Ensiklopedia Wikipedia
SAFAHAD Technology - SAFAHAD: Wikipedia merupakan ensiklopedia yang bebas diakses berbasis Internet. Mengutip Britannica, Wikipedia menggunakan perangkat lunak kolaboratif yang dikenal sebagai wiki yang memfasilitasi pembuatan dan pengembangan artikel.

Mengutip laman McGill School Of Computer Science, pengumpulan semua informasi dunia di satu tempat merujuk perpustakaan kuno Alexandria dan Pergamon. Kini dalam konsep modern ensiklopedia disalurkan secara luas

Siapa pengelola Wikipedia?
Ilmuwan komputer Jimmy Wales mulanya mendirikan Wikipedia sebagai pengumpan atau penyedia konten untuk Nupedia, proyek yang untuk menghasilkan ensiklopedia gratis.
Di luar dugaan, Wikipedia mengalami perkembangan pesat, sampai akhirnya Nupedia ditutup pada 2003.

Pada tahun yang sama, Jimmy mendirikan Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba untuk mendukung Wikipedia. Yayasan ini kemudian menggantikan posisi Bomis sebagai pengelola dan pengawas Wikipedia.

Pada tahun yang sama, secara resmi Jimmy Wales mengalihkan sepenuhnya hak cipta Wikipedia dari Bomis ke Wikimedia Foundation.
Itu ditandai perkembangan Wikipedia yang mencapai 100 ribu artikel versi Bahasa Inggris yang membuat portal Bomis semakin sulit menumpu proyek ensiklopedia gratis itu.

Selanjutnya, Profil Jimmy Wales
Profil Jimmy Wales
Mengutip laman Wikimedia Foundation, Jimmy Wales pengusaha di bidang Internet, penggemar wiki dan pendiri proyek Wikipedia. Jimmy lahir di Huntsville, Alabama pada 1966. Ia lulusan Universitas Auburn dan Universitas Alabama.

Jimmy bekerja sebagai Direktur Riset di Chicago Options Associates, firma perdagangan berjangka. Pada pertengahan 1990-an ia memulai Bomis, portal pencarian yang berfokus aspek budaya pop, salah satu pengguna pertama dari data berlisensi bebas dari Proyek Direktori Terbuka (ODP).

Pada 1999, Jimmy Wales memiliki konsep ensiklopedia yang bisa disalurkan secara bebas dan mendirikan Nupedia. Ia bekerja dengan perintis ensiklopedia daring Larry Sanger sebagai pemimpin redaksi dan menugaskan dua ahli pembuat program untuk menulis perangkat lunak.

Setelah dua tahun bekerja dengan konsep Nupedia, tim itu membuka Wikipedia untuk membantu menyalurkan konten ke Nupedia. Wikipedia menjadi sukses secara instan, tapi tidak secara yang dibayangkan, dan Nupedia ditutup.

Pada 2003, Jimmy mendirikan Wikimedia Foundation. Pada 2004, Jimmy mendirikan Wikia. Ia ditunjuk sebagai rekan dari Harvard Law School's Berkman Center for Internet and Society pada pertengahan 2005. Pada Oktober 2005 bergabung dengan Board of Directors of Socialtext, penyedia teknologi wiki untuk bisnis.[safahad]

CLOSE