Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bolehkah Mengerjakan Tugas Sekolah Kutip dari Ensiklopedia Wikipedia?

Kamis, 13 Juli 2023 | X Read Last Updated 2023-07-12T22:56:31Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
SAFAHAD Technology - SAFAHAD: Teman-teman pasti mengenal situs Wikipedia. Wikipedia adalah ensiklopedia yang tersedia secara online.
ilustrasi Bolehkah Mengerjakan Tugas Sekolah Kutip dari Ensiklopedia Wikipedia?
SAFAHAD Technology - SAFAHAD: Teman-teman pasti mengenal situs Wikipedia. Wikipedia adalah ensiklopedia yang tersedia secara online. Sebelum ada Wikipedia yang tercipta pada 15 Januari 2001 oleh Jimmy Donal Wales, memang sudah ada ensiklopedia online tapi tidak sebesar Wikipedia.

Lalu apa yang membuat Wikipedia menjadi sebesar sekarang, ya?. Salah satu faktor besarnya Wikipedia adalah Wikipedia bersifat terbuka, teman-teman. Artinya, Wikipedia bisa ditulis, ditambahkan, dan disunting (diedit) oleh umum.

Seseorang bisa mendaftarkan diri untuk menjadi penyumbang Wikipedia sebagai penulis dan penyunting artikel di Wikipedia. Selama ini, Wikipedia sangat membantu kita dalam memelajari sesuatu, ya.
Artikel di Wikipedia juga sangat lengkap. Tapi, umumnya kita dilarang oleh para guru untuk mengutip dari Wikipedia dalam mengerjakan tugas. Kenapa begitu, ya?

Banyak Hoaks
Meski sangat informatif, sifat Wikipedia ini adalah website terbuka, teman-teman. Oleh sebab itu, setiap orang bisa menulis dan menyunting isi artikel Wikipedia.

Sebagian dari tulisan dan suntingan Wikipedia ini ada yang tidak valid atau tidak benar. Sehingga, kemungkinan berita bohong atau hoaks bisa merebak di Wikipedia.

Oleh sebab itu, kita tidak boleh mengutip Wikipedia dalam mengerjakan tugas. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan informasi, ya.

Selanjutnya, Perlu Dicek Kembali
Perlu Dicek Kembali
Membaca Wikipedia tentu saja tidak dilarang, ya. Kita masih bisa membaca Wikipedia untuk pengetahuan umum. Selain itu, untuk mendapatkan kebenaran informasi, kita harus mengecek fakta yang kita baca di Wikipedia.

Cocokkan dulu informasi yang kita baca dengan artikel berita ataupun artikel akademik yang lain, supaya kita mendapatkan kebenaran sesuai fakta, teman-teman.[SAFAHAD]

CLOSE