Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pandawara Group: Aksi Anak Muda Bersihkan Sampah yang Viral di Medsos

Selasa, 11 Juli 2023 | X Read Last Updated 2023-07-10T17:33:10Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
SAFAHAD Technology - Baru-baru ini aksi anak muda yang tergabung dalam Pandawara Group menyita perhatian publik terutama di jagat media sosial.
Pandawara Group tengah membersihkan sebuah sungai yang penuh sampah. (sumber: Instagram/pandawaragroup)
SAFAHAD Technology - Baru-baru ini aksi anak muda yang tergabung dalam Pandawara Group menyita perhatian publik terutama di jagat media sosial.

Hal tersebut terjadi karena Pandawara Group rutin membagikan video aksi bersih-bersih sampah di sungai. Berkat aksi bersih-bersih sungai tersebut, akun @pandawaragroup telah mendapatkan 6,4 juta pengikut dan 91,4 juta like di TikTok.

Lantas siapa sebenarnya Pandawara Group? Aksi apa saja yang telah mereka lakukan?

Siapa Pandawara Group?
Pandawara Group merupakan lima sekawan yang terdiri dari Rafli Pasya (22), Agung Permana (22), Gilang Rahma (22), Muchamad Iksan (21), dan Rifki Sa'dullah (22).
Mereka adalah sahabat yang berasal dari SMA yang sama, kegiatan aksi bersih-bersih sampah telah mereka tekuni sejak bulan Agustus 2022 lalu. Awalnya, Gilang dan kawan-kawan merasa jengkel dengan banjir yang berulang kali terjadi di wilayah tempat tinggal mereka di Kopo, Kota Bandung.

Rasa lelah karena rumahnya terus-terusan terendam banjir, mereka berlima kemudian berinisiatif untuk membersihkan sampah di sungai sekitaran wilayah rumah.

Aksi tersebut mereka lakukan dengan harapan aliran air dapat berfungsi dengan baik sehingga tidak menimbulkan banjir.
“Jadi, sebelum dikontenin, kami sudah melakukan kegiatan tersebut,” kata Gilang dalam acara “Bukan Curhat Bang” di kanal YouTube Denny Sumargo.

Selanjutnya, Makna di balik nama Pandawara
Namun, karena sampah selalu datang meskipun sungai sekitar rumah telah dibersihkan, mereka berlima kemudian memutuskan untuk memperluas area bersih-bersih.

“Jadi sampah di domisili kita itu kiriman dari domisili lain,” kata Gilang menjelaskan. Mengetahui hal tersebut, mereka kemudian mencari sumber “sampah kiriman” tersebut.

“Jadi misal kita bersihin sungai B, kata warga di sana itu sampah kiriman dari sungai A. Kita datengin sungai A, kata warga di sana juga begitu,” ujar Gilang.

Kini, Pandawara Group telah membersihkan puluhan saluran air mulai dari sungai besar, anak sungai besar, parit, selokan, dan bahkan tangki septik.

Makna di balik nama Pandawara
Dalam acara talkshow yang dipandu Denny Sumargo tersebut, Gilang menjelaskan arti dan makna di balik pemberian nama Pandawarara. Menurut Gilang, Pandawarara sendiri terdiri dari dua suku kata yaitu “Panda” dan “Wara”. “Panda” diambil dari kisah tokoh pewayangan Mahabarata yang berarti lima, sedangkan “Wara” berasal dari bahasa sunda yang bermakna baik.

Jadi Pandawarara adalah “lima pemuda yang membawa kabar baik”. Aksi mereka bersih-bersih sampah sungai dan dibagikan ke grub, bukan berarti haus akan pujian.

Namun mereka berharap masyarakat Indonesia lebih peduli lagi akan kebersihan lingkungan terutama sungai, karena kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama.

Selanjutnya, Bukan tanpa risiko
Bukan tanpa risiko
Di balik aksi mulia yang dijalankan Pandawara Group mereka kerap kali menghadapi situasi yang berpotensi mengancam nyawa. Gilang bercerita jika pernah sekali waktu ketika tengah membersihkan sungai, mereka berlima bertemu dengan ular.

“Ularnya lewat di sela kaki kita berlima,” kata Gilang. Ketika ular tersebut mencapai daratan, mereka berlima kaget karena ular tersebut merupakan ular piton. “Panjangnya itu delapan meter,” jelas Gilang.

Mendapatkan prestasi dan apresiasi
Video aksi bersih-bersih sampah Pandawara Group berhasil mengantarkan mereka mendapatkan penghargaan TikTok Local Heroes dalam penghargaan Year on TikTok 2022.

Penghargaan ini diberikan karena aksi mereka yang sangat menginspirasi dan membawa dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Tidak hanya itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut mengapresiasi aksi Pandawara Group dengan mengunggah kegiatan mereka di akun Instagram pribadinya, @ridwankamil.

“Perkenalkan PANDAWARA. Inilah 5 anak muda Gen Z, anak Korea (Kopo Area) Bandung yang ganteng bersih rapih, tapi dengan semangat baja, gak takut kotor, turun membersihkan lingkungannya,” tulis Ridwan Kamil di akun Instagramnya.[narasi]

CLOSE