Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Nikuba Sempat 'Dibantai' BRIN, Kini Jadi Perhatian

Selasa, 11 Juli 2023 | X Read Last Updated 2023-07-10T20:47:00Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
SAFAHAD Technology - Inovasi Niku Banyu (Nikuba) karya Aryanto Misel kini tengah jadi perbincangan.
GEDUNG BRIN. (DOK. BRIN)
SAFAHAD Technology - Inovasi Niku Banyu (Nikuba) karya Aryanto Misel kini tengah jadi perbincangan. Alat yang digadang-gadang mampu mengubah air menjadi bahan bakar kendaraan itu dilirik perusahaan otomotif terkenal di Italia.

Kesuksesan Misel memperkenalkan inovasinya penuh tantangan. Mulanya, Nikuba 'dihabisi' oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) saat dikenalkan di Indonesia, namun kini justru diperhatikan.

Misel mengungkapkan BRIN mulai memperhatikan Nikuba saat dirinya diundang ke Italia untuk mempresentasikan inovasinya di depan pemimpin perusahaan otomotif terkenal di Italia. Dia mengaku kaget saat di Italia ada satu orang perwakilan BRIN.
"Saya sempat kaget kok ada orang BRIN sampai sini (Italia) sedangkan dulu membantai saya bahis habisan kasarnya, bicara. Tahu-tahu ada di Milan," cerita Misel dalam siaran di Metro TV dikutip Senin, 10 Juli 2023.

Misel sempat menanyakan pada orang yang mengurus kedatangannya ke Milan terkait kehadiran orang BRIN dalam pertemuan itu. Namun, kehadiran orang BRIN itu disebut ada urusan tersendiri.

"Itu kecewa saya di situ," ungkap Misel. Presentasi Misel soal Nikuba bersambut baik. Pemimpin perusahaan otomotif asal Italia bakal datang langsung ke rumah Misel di Cirebon, Jawa Barat pada Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya...
Misel berharap pertemuan berlangsung baik. Dia juga berencana menjual Nikuba senilai Rp15 miliar. Sebab, dia juga membutuhkan dana untuk pengembangan teknologi lainnya. Misel mengaku tak membutuhkan bantuan dari BRIN maupun pemerintah.

"Wah, saya enggak butuh mereka, enggak butuh. Saya udah dibantai habis," kata Misel.

Hingga kini, sebanyak 50 alat Nikuba masih dioperasikan di kendaraan milik Kodam III Siliwangi. Beberapa teknologi ciptaan Misel juga sudah terjual ke Hong Kong dan Jepang.[medcom]

×
Latest Update Update
CLOSE