Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

18 HP Xiaomi yang Kebagian MIUI 14 Lebih Awal, Sudah Bisa Diunduh di Indonesia

Jumat, 03 Maret 2023 Last Updated 2023-10-03T22:52:41Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
SAFAHAD Technology - Xiaomi meluncurkan antarmuka/user interface (UI) terbarunya MIUI 14 di China Desember lalu.
Pengguna Xiaomi di Indonesia sudah bisa mengunduh MIUI 14. Salah satunya model Xiaomi 12 Pro
SAFAHAD Technology - Xiaomi meluncurkan antarmuka/user interface (UI) terbarunya MIUI 14 di China Desember lalu. Update (pembaruan) MIUI 14 tahap pertama sudah mulai digelontorkan per Januari 2023 untuk pengguna Xiaomi di China.

Setelah China, Xiaomi akhirnya menggulirkan MIUI 14 ke pengguna global. Peluncuran ini diumumkan di ajang pameran teknologi Mobile World Congress (MWC) 2023 di Barcelona, Spanyol, Senin (27/2/2023).

Pengguna Xiaomi di Indonesia juga sudah bisa mengunduh update MIUI 14 ini. Berdasarkan pantauan KompasTekno di Xiaomi 12 Pro, Senin (27/2/2023) update MIUI 14 sudah bisa diunduh.

Kemungkinan, beberapa model ponsel Xiaomi lainnya juga sudah bisa mengunduh MIUI 14. Nah, daftar HP Xiaomi yang kebagian MIUI 14 versi global pada kuartal I-2022 adalah sebagai berikut:

1. Xiaomi 12T Pro
2. Xiaomi 12T
Scroll lanjut Membaca
3. Xiaomi 12 Pro
4. Xiaomi 12
5. Xiaomi 12 X
6. Xiaomi 12 Lite
7. Xiaomi 11 T Pro
8. Xiaomi 11 T
9. Mi 11 Ultra
10. Mi 11i
11. Mi 11
12. Xiaomi 11 Lite 5G NE
13. Mi 11 Lite 5G
14. Mi 11 Lite
15. Redmi Note 11 Pro Plus 5G
16. Redmi Note 10 Pro
17. Redmi Note 10
18. Redmi 10 5G

Selanjutnya, Cara update MIUI 14 di HP Xiaomi
Cara update MIUI 14 di HP Xiaomi
Untuk mengecek apakah sudah pendapat update MIUI 14 atau belum, bisa mengeceknya melalui menu "Pengaturan". Apabila sudah tersedia, pengguna bisa melakukan update ke MIUI 14. Cara update MIUI 14 di HP Xiaomi bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

☑ Buka "Setting/Pengaturan"
☑ Klik "About Phone/Tentang ponsel"
☑ Apabila sudah mendapat update MIUI 14, di sisi kiri atas akan muncul tulisan "Update" di bawah tulisan MIUI 13
☑ Tunggu proses download selesai
☑ Sistem akan melakukan pembaruan secara otomatis

Jika beberapa pengguna masih belum mendapatkan informasi pembaruan dari MIUI 14, jangan berkecil hati karena tahapan kedua bakal dilakukan pada April 2023 mendatang, dan seterusnya.

Fitur baru MIUI 14
MIUI 14 dirancang dengan basis sistem operasi (OS) dari Android 13 dan memiliki perubahan tampilan dibanding MIUI 13. Pembaruan tampilan ini disebut memiliki desain yang lebih minimalis.

Pembaruan tersebut juga memungkinkan perangkat menampilkan ikon yang lebih besar serta pengguna diberi kontrol untuk melakukan beberapa penyesuaian. Tampilan antarmuka MIUI 14 ini mengusung format widget yang baru dan folder di layar utama yang ditingkatkan.

MIUI 14 juga memiliki widget hewan peliharaan atau tanaman, mirip dengan iOS. Fitur ini memungkinkan penggunanya memelihara dan bermain dengan hewan atau tanaman virtual di layar utama.

Selain desain, ukuran firmware MIUI 14 juga diklaim lebih kecil dibanding MIUI 13. Ukuran MIUI 14 adalah 13,09GB. Adapun fitur baru yang dibawa MIUI 14 adalah sebagai berikut:

Selanjutnya, Manajemen notifikasi
Manajemen notifikasi
MIUI 14 hadir dengan opsi manajemen notifikasi baru. Pengguna dapat menghapus daftar notifikasi hanya dengan satu kali swipe. Nantinya, notifikasi aplikasi yang baru dipasang harus mendapat pesertujuan pengguna dulu agar bisa tampil di daftar notifikasi.

Xiaomi Magic Center
Xiaomi Magic Center merupakan fitur untuk mengelola produk ekosistem Xiaomi yang digunakan penggunanya. Jadi, platform tersebut memiliki panel yang ditingkatkan, khususnya saat menghubungkan aneka produk ke smartphone Xiaomi.

Kemampuan asisten Mi AI 6.0
Asisten suara Mi AI di MIUI 14 memungkinkan penggunanya memanfaatkan asisten suara untuk menjalankan perintah. Perintah yang dimaksud seperti pindai dokumen, menerjemahkan sebuah tulisan, dan memfilter panggilan telepon spam.

Mengambil teks dari gambar
Antarmuka terbaru ini juga dilengkapi fitur yang mengandalkan kecerdasan buatan, sehingga dapat mengambil teks dari gambar. Pengguna dapat tap and hold (ketuk dan tahan) teks pada gambar yang tersimpan di galeri, untuk memunculkan teks tersebut.

Family Service
Fitur Family Service ini memungkinkan pengguna membuat grup yang terdiri dari delapan anggota. Pengguna yang menciptakan grup dapat mengatur kendali atau izin akses kepada masing-masing anggota.

Antarpengguna nantinya bisa saling berbagi album foto, melihat foto, hingga mengunggah foto baru ke album tersebut. Family Service juga dapat digunakan untuk berbagi data kesehatan, seperti hasil saturasi oksigen dalam darah, pelacakan tidur, hingga detak jantung.

Integrasi dengan perangkat lain
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk terhubung/terkoneksi dengan sejumlah produk dengan lebih seamless, alias mulus. Xiaomi sendiri mengklaim ada lebih dari satu miliar perangkat yang dapat terkoneksi ke smartphone bikinannya.[KompasTekno]

×
Latest Update Update
CLOSE