Notification

×

Iklan

Iklan

4 Aturan Emas Warren Buffett untuk Menyongsong Kesuksesan Finansial

Selasa, 02 Juli 2024 | Kali Dibaca Last Updated 2024-07-02T12:07:16Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
Warren Buffett,Ekonomi,Financial,Warren Buffett Net Worth,Warren Buffett Quotes,Warren Buffett Books,Warren Buffett Way,Warren Buffett Portfolio,Warren Buffett Quote,The Essays of Warren Buffett,The Warren Buffett Way Book,Investing Tips Warren Buffett,Tips Warren Buffett,Warren Buffett Investing Rules
Pemilik Berkshire Hathaway Warren Buffet (Sumber: AP)
SAFAHAD Technology - Tau nggak sih, sosok yang terkenal banget di dunia investasi dengan kekayaan mencapai $128,1 miliar atau lebih dari Rp2.000 triliun? Iya! Dia adalah Warren Buffett. Ternyata, beliau punya empat rahasia keren yang bisa membantu siapa saja meraih sukses finansial.

Buffett memulai petualangannya dalam bisnis sejak masih sekolah menengah pada tahun 1945 dan kini menjadi panutan bagi investor serta pebisnis di seluruh dunia.

Nasihat-nasihat kece dari Warren Buffett ini nggak cuma cocok buat kamu yang pengen jadi miliarder, tapi juga sangat bermanfaat bagi siapa saja yang ingin merasa aman secara finansial, entah itu untuk pensiun dengan nyaman sebagai jutawan, membangun kekayaan sepanjang karirmu, atau sekadar menikmati rasa kesuksesan sepanjang hidup!

Yuk kita intip apa aja empat aturan emas dari Warren Buffett sebagaimana dikutip dari Express.co.uk:

1. Bayar Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Prinsip "pay yourself first" mengedepankan pentingnya menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung setelah menerima gaji bulananan.

Buffett berpesan agar kita melihat tabungan bulanan sebagai kewajiban utama yang tidak boleh diganggu gugat—mirip seperti bayar tagihan listrik! Dengan ini kamu bisa membangun dana darurat dan keamanan finansial jangka panjang.

Banyak pengusaha kerap menggunakan tabungan pribadi mereka buat modal usaha. Meskipun tampaknya nekat dan berani abis nih ya, praktik ini ternyata penuh risiko lho!

Pandemi COVID-19 kemarin benar-benar nunjukin kalau punya dana cadangan itu serius penting banget supaya siap menghadapi situasi tak terduga.

Baca Selengkapnya, 2. Hindari Pemborosan

2. Hindari Pemborosan

Satu hal khas mengenai gaya hidup Warren Buffett: hemat tiada tanding meski hartanya bejibun banyaknya! Ia jarang tergoda membeli barang mewah; kalopun beli sesuatu biasanya second-hand alias bekas barang-barang jarang digunakan.

Buffett melihat pembelian barang mewah sebagai investasi yang menyenangkan. Dengan cara ini, ia bisa menikmati kemewahan sambil tetap mempertimbangkan keuntungan jika suatu hari barang tersebut dijual kembali.

3. Berhati-hatilah dengan Pinjaman

Warren Buffett sering kali mengingatkan kita dengan bijak: "Jika Anda membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan, Anda akan segera menjual barang-barang yang Anda butuhkan." Nasihat ini menyoroti betapa pentingnya hidup sesuai kemampuan finansial dan menghindari ketergantungan pada pinjaman.

4. Hindari Berinvestasi dengan Uang Pinjaman

Buffett sangat tidak menganjurkan berinvestasi menggunakan uang pinjaman. Walaupun investasi jauh lebih baik daripada perjudian, selalu ada risiko kehilangan modal di dalamnya. Sebaiknya hanya investasikan uang yang sanggup Anda tanggung kerugiannya jika terjadi hal-hal tak terduga.

Dengan menerapkan prinsip-prinsip positif ini, seseorang dapat membangun fondasi keuangan yang solid sekaligus menghindari jebakan-jebakan umum di dunia keuangan. Meskipun mematuhi aturan-aturan ini mungkin belum membuat seseorang menjadi miliarder seperti Buffett, namun mereka dapat membantu menciptakan stabilitas keuangan dan pertumbuhan kekayaan jangka panjang!

CLOSE