Notification

×

Iklan

Iklan

Manfaat Hebat Buah Pala: Kandungan Minyaknya Bisa Usir Masuk Angin dan Sembuhkan Gigitan Serangga!

Rabu, 19 Juni 2024 | Kali Dibaca Last Updated 2024-06-19T02:06:30Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
Kesehatan,Health Tips,Healthy Lifestyle Tips,Pala,Buah Pala,Biji Pala,Manfaat Pala,Manfaat Buah Pala,Pala Berasal Dari,Fungsi Pala,Kegunaan Pala,Tanaman Pala,Manfaat Biji Pala,Khasiat Buah Pala,Masuk Angin,Obat Masuk Angin,Cara Mengatasi Masuk Angin,Cara Menghilangkan Masuk Angin,Cara Menyembuhkan Masuk Angin,Gigitan Serangga,Obat Gigitan Serangga,Salep untuk Gigitan Serangga,Salep Gigitan Serangga
Manfaat Hebat Buah Pala (Foto: Benedikta Desideria/Liputan6com)
SAFAHAD Technology - Buah pala adalah rempah yang sangat penting, terutama saat memasak daging. Kehadiran pala membuat setiap hidangan terasa lebih lezat dan kaya rasa.

Selain menambah cita rasa pada masakan, buah pala ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan! Menurut Dessy Eka Kuliah Sari, Dosen Jurusan Agribisnis di Politeknik Negeri Fakfak (Polinef), Papua Barat, buah pala mengandung minyak yang bermanfaat bagi kesehatan kita.

Dengan melimpahnya buah pala di Fakfak, Polinef pun melakukan berbagai penelitian untuk menciptakan produk-produk inovatif berbasis buah pala. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa minyak dari buah ajaib ini memiliki banyak kegunaan positif:

Membantu Mengatasi Masuk Angin Menjadi Lebih Mudah!

Dessy menjelaskan bahwa biji buah pala mengandung minyak atsiri, saponin, miristisin, pektin, asam oleanolat dan banyak lagi.
Tidak hanya itu! Bunga atau fuli juga kaya akan minyak atsiri dan zat samak; sementara daging buah pala pun memiliki kandungan serupa.

Semua manfaat luar biasa ini membuat tubuh kita semakin kuat dalam melawan masuk angin. Aroma hangat dari minyak pala menyebarkan kenyamanan yang bisa membantu meredakan gejala masuk angin dengan lebih mudah!

Mengurangi Efek Gigitan Serangga

Bukan cuma sebagai balsam untuk tubuh, lho! Minyak pala juga dapat menjadi sahabat kita dalam mengatasi efek gatal akibat gigitan serangga.
Dengan sifat insektisida (antiserangga), fungisida (antijamur), dan antibakterinya yang hebat, minyak ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit kita—kejutan manis dari dunia tumbuhan seperti dilansir Vokasi Kemendikbud pada Selasa, 18 Juni 2024.

Baca Selengkapnya, Pala Membantu Mengatasi Gangguan Pencernaan

Pala Membantu Mengatasi Gangguan Pencernaan

Pala memiliki sifat antiinflamasi dan antispasmodik yang efektif dalam meredakan gangguan pencernaan seperti perut kembung, gas, dan diare.

Dessy menjelaskan bahwa ekstrak pala telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan.

Apa Itu Pala?

Pala, yang dikenal dengan istilah latin Myristica fragrans Houtt, merupakan tanaman asli Indonesia. Tanaman ini umumnya ditemukan di wilayah Indonesia Timur seperti Kepulauan Maluku, terutama di Pulau Banda dan Siau, serta Papua.

Seiring berjalannya waktu, pala telah didistribusikan secara luas ke berbagai negara termasuk Grenada, India, Sri Lanka, Mauritius, Singapura, Afrika Selatan, dan Amerika Serikat. Informasi ini dikutip dari laman resmi Universitas Gadjah Mada (UGM).

Indonesia: memasok sekitar 60% kebutuhan pala dunia

Menurut Nudrjannah dalam "Teknologi Pengolahan Pala" (Bogor: Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Departemen Pertanian), pala adalah komoditas ekspor yang signifikan.

Indonesia berdiri sebagai eksportir biji pala dan fuli terbesar, memasok sekitar 60% dari permintaan global. Selain ekspornya, permintaan pala domestik di Indonesia tetap besar, menghasilkan tingkat produksi yang cukup besar di seluruh negeri.

CLOSE