Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mengenal Apa Itu Kanker Sarkoma Jantung, Gejala dan Penyebabnya

Senin, 19 Februari 2024 | X Read Last Updated 2024-02-19T10:30:15Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
Sarkoma jantung adalah jenis tumor ganas (kanker) primer yang langka yang terjadi di jantung. Sarkoma jantung dapat menyebar ke organ lain.
Ilustrasi Kanker Sarkoma Jantung (Foto: Istockphoto/wildpixel)
SAFAHAD Technology - Sarkoma jantung adalah jenis tumor ganas (kanker) primer yang langka yang terjadi di jantung. Sarkoma jantung dapat menyebar ke organ lain.

Tumor ganas ini dapat terjadi di permukaan luar jantung, di dalam satu atau lebih ruang jantung (intracavitary), atau bahkan di dalam jaringan otot jantung. Namun, sebagian besar sarkoma jantung terjadi di atrium kanan dan mengakibatkan obstruksi aliran masuk atau keluarnya darah.

Gejala sarkoma jantung

Gejala sarkoma jantung cukup bervariasi, tergantung lokasi tumor. Pada kasus sarkoma jantung yang terjadi di atrium kanan, obstruksi dapat menyebabkan gejala, seperti pembengkakan kaki, tungkai, pergelangan kaki, perut, hingga distensi vena leher.
Gejala tersebut dapat terjadi karena darah yang kembali ke jantung setelah melalui tubuh tidak dapat dengan mudah masuk atau dipompa keluar dari atrium kanan.

Sementara itu, apabila sarkoma jantung terjadi di perikardium (kantung tipis yang mengelilingi jantung), gejala yang timbul adalah peningkatan cairan di dalam kantung.

Hal ini menyebabkan kemampuan jantung untuk memompa darah akan berpengaruh sehingga menyebabkan nyeri dada, sesak napas, kelelahan, hingga jantung berdebar.

Selanjutnya, Gejala tambahan dari sarkoma jantung dapat berupa...

Gejala tambahan dari sarkoma jantung dapat berupa hemoptisis (batuk berdarah), masalah irama jantung), kaku pada wajah bagian atas. Selain itu, terdapat tanda-tanda umum dari sarkoma jantung yang tidak terkait dengan lokasi sarkoma, di antaranya:

  • Demam
  • Penurunan berat badan
  • Sering berkeringat di malam hari
  • Malaise (kelelahan dan tidak enak badan)
  • Jari-jari membiru saat diberi tekanan
  • Pembesaran jaringan lunak pada jari dan kuku

  • Penyebab sarkoma jantung

    Penyebab sarkoma jantung juga bervariasi, tapi umumnya dikaitkan dengan pembelahan sel yang tidak normal. Selain itu, sistem kekebalan tubuh yang gagal mendeteksi dan melawan pertumbuhan yang menyimpang juga menjadi penyebab sarkoba jantung.

    Radiasi, paparan virus tertentu, paparan sinar matahari yang berlebihan, tembakau, jamur beracun, dan benzena, juga dapat menyebabkan tumor.

    Sumber:
  • https://www.kompas.tv/nasional/236725/apa-itu-kanker-sarkoma-jantung-kenali-gejala-dan-penyebabnya

  • CLOSE