Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cara Membuat Cilok Empuk, Lembut, Simple dan Enak untuk Cemilan di Rumah Saat Hujan

Jumat, 19 Januari 2024 | X Read Last Updated 2024-01-19T14:45:07Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
Cilok merupakan salah satu cemilan favorit di kalangan anak-anak karena sangat populer sebagai jajanan sekolah untuk anak-anak.
Ilustrasi Cilok (Syanti Ekasari/shutterstock)
SAFAHAD Technology - Cilok merupakan salah satu cemilan favorit di kalangan anak-anak karena sangat populer sebagai jajanan sekolah untuk anak-anak. Namun cilok yang dibeli cenderung mudah mengeras dan memiliki rasa yang hambar.

Untuk menghasilkan teksturnya yang empuk dan enak, Anda bisa belajar cara membuat cilok yang lembut dan empuk di rumah. Caranya mudah. Yuk simak resep yang dilansir dari maggi.id dibawah ini!

1. Perhatikan Takaran Tepung

Tepung adalah kunci membuat cilok lembut dan empuk, jadi mesti diperhatikan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengolah tepung menjadi cilok yang lezat, yaitu:

  • Gunakan tepung tapioka (tepung sagu) dan tepung terigu dengan perbandingan 1:1. Takaran yang sama banyak dari kedua jenis tepung ini dapat menghasilkan adonan yang kenyal jika dimasak;
  • Kalau ingin cilok nya lebih empuk dibanding kenyal, bisa dikurangi takaran tepung tapioka dan perbanyak tepung terigunya;
  • Perhatikan takaran air yang dimasukkan ke dalam adonan, jangan sampai terlalu banyak atau terlalu sedikit karena adonan bisa menjadi terlalu lembek atau malah terlalu keras. Misalnya, untuk 200 gram tepung, butuh 150 ml air panas; dan
  • Tuangkan air secara perlahan dan bertahap untuk mendapatkan tekstur adonan yang pas. Ciri adonan yang pas adalah nggak lengket dan mudah dibentuk.

  • 2. Tambahkan Telur ke dalam Adonan

    Kamu juga bisa menambahkan telur ke dalam adonannya, lho! Selain tinggi protein, telur juga membuat cilok semakin nikmat. Sebelum menambahkan telur, kurangi 3 sendok makan air dari resep semula agar cilok nggak lembek dan tetap mudah dibentuk.

    Kemudian tambahkan satu butir telur ke dalam 450 gram adonan. Campurkan telur secara merata ke dalam adonan lalu uleni hingga kenyal dan mudah dibentuk ya!

    Selanjutnya, 3. Pastikan Ukuran Setiap Cilok Sama Besar

    3. Pastikan Ukuran Setiap Cilok Sama Besar

    Cara ketiga untuk membuat cilok tetap empuk dan lembut adalah dengan menjaga ukuran cilok tetap sama. Karena cilok dimasak dengan ukuran yang sama, maka bisa matang dalam waktu yang bersamaan.

    Jika cilok yang dihasilkan ukurannya berbeda-beda, maka permukaannya pun berbeda-beda, sehingga nggak bisa matang pada waktu yang bersamaan. Berkreasilah dengan dengan menambahkan isian pilihanmu seperti daging, keju, sayuran, dll.

    4. Lakukan Proses Masak Dua Kali: Rebus dan Kukus

    Dengan proses memasak sebanyak dua kali, yaitu merebus dan mengukus, kamu bisa membuat cilok empuk dan lembut. Begini caranya:

  • Saat akan merebus adonan, pastikan cilok dimasukkan ke air yang sudah mendidih;
  • Masak sampai adonan mengambang dan tunggu sekitar 10 menit untuk memastikan cilok sudah matang;
  • Setelah matang, dapat memanaskan kembali cilok tersebut dengan cara dikukus. Tujuannya agar uap air di dalam adonan menguap dan menghasilkan cilok yang empuk dan lembut.
  • Selain memperhatikan cara membuat cilok lembut dan empuk, jangan lupa menambahkan bumbu seperti garam, merica, bawang putih, dan daun bawang.

  • Demikian tips dan cara membuat cilok lembut dan empuk yang bisa dipraktikkan sendiri di rumah. Camilan segar dan lezat ini sangat cocok untuk dinikmati di rumah saat hujan bersama anak dan keluarga. Siap untuk mencobanya?

    Referensi:
  • https://www.maggi.id/cara-membuat-cilok-empuk-dan-lembut/

  • CLOSE