Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Apa Itu UNHCR? Badan Pengungsi PBB dan Sejarahnya di Indonesia

Senin, 04 Desember 2023 Last Updated 2023-12-03T18:05:01Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
UNHCR juga beroperasi dan bekerja di beberapa negara di dunia, termasuk Indonesia.
Logo (Foto: Dok. UNHCR)
SAFAHAD Technology - UNHCR (United Nations High Commissioner for Refugees) merupakan organisasi internasional yang berada di bawah payung Perserikatan Bangsa-Bangsa/PBB atau United Nations/UN. UNHCR juga dikenal sebagai Badan Pengungsi PBB.

Sebagai Badan Pengungsi PBB, UNHCR memimpin upaya internasional untuk melindungi orang-orang yang terpaksa melarikan diri dari perang dan penganiayaan serta mereka yang tidak memiliki kewarganegaraan.

UNHCR juga beroperasi dan bekerja di beberapa negara di dunia, termasuk Indonesia. Di bawah ini adalah informasi mengenai UNHCR dan sejarahnya di Indonesia:

Apa Itu UNHCR?

UNHCR, sebagaimana tercantum dalam situs resminya, adalah organisasi internasional yang berdedikasi untuk menyelamatkan nyawa, melindungi hak-hak dan membangun kehidupan yang lebih baik bagi orang-orang yang terpaksa meninggalkan rumah mereka karena konflik dan penganiayaan.

UNHCR dikenal sebagai Kantor Komisaris Tinggi untuk Pengungsi (Office of the High Commissioner for Refugees). Sejarah UNHCR didirikan oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1950 untuk membantu jutaan orang yang kehilangan tempat tinggal setelah Perang Dunia II.

Apa yang Dilakukan UNHCR?

UNHCR diberi mandat oleh PBB untuk melindungi dan membela hak-hak pengungsi. UNHCR juga memberikan dukungan kepada para pengungsi yang telah kembali ke negara asal mereka, orang-orang yang telah pindah ke negara asal mereka dan orang-orang yang tidak memiliki kewarganegaraan atau mempunyai masalah kewarganegaraan.

UNHCR memberikan bantuan, termasuk tempat tinggal, makanan, air dan layanan kesehatan, kepada orang-orang yang terpaksa mengungsi dari konflik dan penganiayaan, banyak dari mereka tidak punya pilihan lain.

UNHCR juga membela hak mereka atas keselamatan dan membantu mereka menemukan tempat yang bisa mereka sebut sebagai rumah sehingga mereka dapat membangun kembali kehidupan mereka. Dalam jangka panjang, UNHCR bekerja dengan negara-negara untuk memperbaiki dan memantau undang-undang dan kebijakan pengungsi dan suaka untuk menjamin hak asasi manusia.

UNHCR menganggap pengungsi dan orang-orang yang terlantar sebagai mitra dalam seluruh pekerjaannya, dan menempatkan mereka yang paling terkena dampak sebagai pusat perencanaan dan pengambilan keputusan.

Selanjutnya, Sejarahnya UNHCR di Indonesia

Sejarahnya UNHCR di Indonesia

Saat ini, UNHCR beroperasi dan bekerja di 135 negara di seluruh dunia. Indonesia termasuk di dalamnya. Menurut informasi di situs resmi UNHCR di Indonesia, kehadiran UNHCR di Indonesia telah aktif sejak tahun 1979.

Saat itu, pemerintah Indonesia meminta dukungan kepada United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) untuk membangun kamp pengungsi di Pulau Galang. Kamp tersebut bertujuan untuk menampung lebih dari 170.000 pengungsi yang melarikan diri dari konflik di Asia Tenggara.

Pada tanggal 14 Juni 1989, Para Pihak pada Konferensi Internasional tentang Pengungsi dari Indochina mengadopsi Rencana Aksi (CPA). Hal ini memberikan UNHCR tanggung jawab khusus untuk menangani masuknya pengungsi Indochina dan mencari solusi permanen.

Sejak penutupan kamp pengungsi di Pulau Galang pada tahun 1996, UNHCR terus mendukung pemerintah Indonesia dalam memberikan perlindungan internasional kepada pengungsi.

UNHCR Indonesia saat ini memiliki 60 staf di kantor pusatnya di Jakarta. Selain itu, terdapat empat wilayah UNHCR di Indonesia: Medan, Pekanbaru, Tanjung Pinang, dan Makassar.

Referensi:
  • https://news.detik.com/berita/d-7069446/tentang-unhcr-badan-pengungsi-pbb-dan-sejarahnya-di-indonesia

  • ×
    Latest Update Update
    CLOSE