Notification

×

Iklan

Iklan

Doa untuk Palestina: Arab, Latin, Artinya dan Singkat

Sabtu, 04 November 2023 | Kali Dibaca Last Updated 2023-11-03T19:54:00Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
Dalam beberapa waktu terakhir, perhatian masyarakat global, termasuk Indonesia, masih tertuju pada konflik yang sedang terjadi di Palestina.
ilustrasi Doa untuk Palestina: Arab, Latin, Artinya dan Singkat
SAFAHAD Technology - Dalam beberapa waktu terakhir, perhatian masyarakat global, termasuk Indonesia, masih tertuju pada konflik yang sedang terjadi di Palestina. Suatu keharusan sebagai seorang Muslim, dapat meyampaikan doa yang penuh ketulusan agar rakyat Palestina diberikan kekuatan dan ketabahan.

Menurut laman resmi Nahdlatul Ulama, doa qunut nazilah dapat diucapkan oleh umat Islam ketika sedang menghadapi tantangan berat dalam kehidupan, seperti masalah keamanan, pertanian, bencana alam, dan krisis kemanusiaan.

Nabi Muhammad SAW pernah mengamalkan Qunut nazilah selama satu bulan setelah kehilangan beberapa sahabatnya dalam Tragedi Bir Maunah. Qunut nazilah ini akan dibaca sebelum melakukan sujud pada rakaat terakhir dalam setiap shalat wajib lima waktu.

Mari kita bersama-sama mendoakan dengan penuh ketulusan hati agar perdamaian dan keadilan menyinari tanah Palestina. Berikut adalah doa qunut nazilah untuk Palestina. Doa ini disertai tulisan dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya.

Doa Qunut Nazilah untuk Palestina adalah doa yang ditujukan untuk memohon pertolongan dan keadilan dari Allah SWT bagi rakyat Palestina yang sedang mengalami penderitaan.
Berdasarkan sumber dari laman Nahdlatul Ulama, qunut nazilah merupakan doa yang disarankan untuk dibaca setiap kali kita menunaikan sholat lima waktu setelah rukuk yang terakhir. Praktik ini dapat dilakukan oleh imam saat memimpin jamaah atau oleh seseorang yang sedang melaksanakan sholat sendirian.

Berikut adalah bacaan doa qunut nazilah yang ditujukan untuk Palestina, dengan tulisan arab, latin dan artinya:


اللَّهُمَّ إنَّا نَسْتَعِينُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنَسْتَهْدِيكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِيْ عَلَيْكَ الْخَيْرَ كُلَّهُ نَشْكُرُكَ وَلَا نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ اللَّهُمَّ إيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَكَ نُصَلِّي وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُو رَحْمَتَك وَنَخْشَى عَذَابَكَ إنَّ عَذَابَك الْجِدَّ بِالْكُفَّارِ مُلْحِقٌ

Allâhumma innâ nasta'înuka wa nastaghfiruk, wa nastahdîka wa nu'minu bik wa natawakkalu alaik, wa nutsnî alaikal khaira kullahu nasykuruka wa lâ nakfuruk, wa nakhla'u wa natruku man yafjuruk. Allâhumma iyyâka na'budu, wa laka nushallî wa nasjud, wa ilaika nas'â wa nahfid, narjû rahmataka wa nakhsyâ adzâbak, inna adzâbakal jidda bil kuffâri mulhaq

Artinya: "Tuhan kami, kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu. Tuhan kami, hanya Kau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan shalat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kami mengaharapkan rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir."

Selanjutnya, Tata cara doa Qunut Nazilah untuk Palestina

Tata cara doa Qunut Nazilah untuk Palestina adalah sebagai berikut:

Mengutip dari laman umsu.ac.id, memberikan beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membaca doa qunut nazilah. di bawah ini adalah penjelasan:

. Setiap kali kita menjalankan sholat wajib, sangatlah penting untuk membaca doa qunut setelah rukuk pada rakaat terakhir.

. Dalam melaksanakan ibadah sholat, ada tata cara khusus dalam membaca doa. Ketika melaksanakan sholat Zuhur dan Asar, doa lebih baik dibaca dengan suara yang pelan. Namun, saat melaksanakan sholat Subuh, Maghrib, dan Isya, disarankan untuk membaca doa dengan suara yang keras. Sama halnya baik sedang sholat berjamaah ataupun sendirian.

. Seorang imam yang membacakan doa qunut nazilah bisa menggantikan kata ganti diri sendiri dengan kata ganti jamak. Sebagai jamaah, kita hanya perlu mengamini.

Demikianlah bacaan doa qunut nazilah untuk Palestina, yang dilengkapi dengan tulisan dalam bahasa Arab, Latin, beserta artinya.
والله أعلمُ
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
Referensi:
  • nu.or.id
  • umsu.ac.id
  • https://www.detik.com/jogja/berita/d-7017272/bacaan-doa-untuk-palestina-arab-latin-dan-artinya

  • CLOSE