Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tips Link Building untuk Tingkatkan DA Website

Kamis, 12 Oktober 2023 | X Read Last Updated 2023-10-12T10:21:58Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
Umumnya strategi link building ini bagian dari SEO off-page. Oleh karena itu, optimasi yang dilakukan bersifat eksternal di luar website anda.
ilustrasi Link Building
SAFAHAD Technology - Banyak aplikasi dan situs web yang bermunculan saat ini, dan persaingan pun terjadi di antara aplikasi dan situs web tersebut. Tentunya untuk memenangkan persaingan, diperlukan strategi optimasi mesin pencari (SEO) untuk membangun kredibilitas platform.

Salah satu langkah strategis yang perlu dilakukan adalah link building atau membangun tautan. Pada dasarnya, strategi membangun tautan adalah proses membuat situs web lain tertaut ke situs web anda. Strategi ini memungkinkan membangun tautan ke situs web, mengarahkan referral traffic, dan meningkatkan Domain Authority (DA).

Media besar dengan DA lebih tinggi menjadi incaran untuk menghubungkan domain platform mereka di media tersebut. Artinya, Google menganggap platform tersebut dapat dipercaya karena media besar telah memperoleh informasi tautan dari situs web atau platform tersebut.

Apa Itu SEO Link Building?

Link building dalam SEO adalah aktivitas memperoleh link dari website lain yang mengarah ke website anda. Tautan jenis ini disebut backlink dan salah satu faktor utama dalam evaluasi SEO oleh mesin pencari Google.
Umumnya strategi link building ini bagian dari SEO off-page. Oleh karena itu, optimasi yang dilakukan bersifat eksternal di luar website anda. Meskipun algoritma mesin pencari Google terus berubah, link building menjadi salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi peringkat situs web.

Jika website atau platform memiliki banyak backlink berkualitas tinggi, maka peringkatnya cenderung lebih tinggi di mesin pencari Google. Oleh karena itu, backlink berkualitas biasanya berasal dari website yang relevan, andal, dan memiliki traffic stabil.

Jumlah backlink yang tinggi menandakan bahwa website menyediakan link yang berkualitas dan banyak digunakan oleh pengguna sebagai referensi.
Namun, perlu diperhatikan bahwa kualitas backlink lebih penting daripada kuantitasnya. Backlink yang berkualitas lebih baik daripada ratusan backlink dari situs yang kurang kredibilitasnya.

Selanjutnya, Manfaat SEO Link Building

Manfaat SEO Link Building

Berikut adalah beberapa manfaat untuk situs web dengan menggunakan SEO link building.

1. Meningkatkan traffic situs web

Manfaat yang pertama adalah dapat meningkatkan traffic ke website. Strategi link building adalah peluang yang tidak boleh dilewatkan saat mengoptimalkan situs web. Oleh karena itu, bisa menggunakan backlink dari website lain untuk mendapatkan traffic yang banyak website tersebut.

Ketika website mendapatkan backlink dari website ternama, kemungkinan akan mendapat peringkat lebih tinggi di mesin pencari Google dan mendapatkan lebih banyak traffic dari pengguna yang mengklik link dan mengunjungi website.

2. Tingkatkan kredibilitas website

Tujuan utama Google adalah memberikan hasil mesin pencari paling relevan kepada pengguna dengan cepat. dan memenuhi harapan dan memberikan nilai bagi pemirsa yang mencari informasi.

Kehadiran backlink ini memberi tahu Google bahwa artikel, video, infografis, atau majalah tertentu memiliki apa yang dibutuhkan untuk memberikan jawaban yang baik atas pertanyaan permintaan pencarian.

Menurut Google, jika website memiliki profil backlink yang sehat dan beragam; Artinya, banyak DA yang memutuskan untuk mendukungnya dan membuktikan nilai serta kualitasnya. Tentu saja ada manfaatnya memiliki tautan kembali ke situs web.

Selanjutnya, 3. Tingkatkan peringkat situs web

3. Tingkatkan peringkat situs web

Jika website ingin menaikkan peringkatnya untuk kata kunci tertentu, kata kunci tersebut juga mungkin digunakan oleh kompetitor yang menginginkan hal serupa. Akibatnya, jika peringkat pesaing lebih tinggi daripada situs web Anda, kemungkinan pesaing akan menerima persentase backlink yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, perlu menerapkan strategi untuk mengungguli kompetitor dalam hal peringkat mesin pencari. Harus memiliki lebih banyak backlink daripada kompetitor. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mencari tahu dari mana link kompetitor berasal menggunakan tools seperti SEMrush atau Ahrefs.

Ini memungkinkan melihat daftar situs web pesaing dengan tautan dan menganalisis konten mana yang mendapat tautan balik paling banyak.

Jenis-Jenis SEO Link Building

Sebenarnya ada beberapa cara mendapatkan backlink, yang menentukan jenis link building yang akan dilakukan. Di bawah ini adalah jenis-jenis link building dalam SEO yang perlu diketahui.

1. Natural Link Building

Natural link building adalah pembuatan link building yang dicapai secara alami ketika pemirsa memasukkan tautan di situs web perusahaan sebagai sumber referensi. Selain itu, link jenis ini juga bisa didapatkan ketika pembaca menggunakan website sebagai penyedia konten artikel, infografis, atau sumber data statistik

Tautan jenis ini sulit diperoleh. Oleh karena itu, perlu membuat konten berkualitas tinggi, tepat waktu, dan informatif untuk audiens. Karena natural link building merupakan aset yang sangat berharga bagi sebuah website.

Selanjutnya, 2. Outreach Link Building

2. Outreach Link Building

Outreach link building adalah cara untuk mendapatkan backlink dengan menghubungi pemilik situs web lain dengan meminta mereka untuk menyebutkan link ke website anda. Untuk mendapatkan tautan ini, perlu meneliti situs web yang relevan dan tepercaya.

Strategi ini juga tidak mudah untuk diterapkan. diperlukan menyiapkan alasan mengapa pemilik website lain harus menyertakan website anda. Selain itu, juga harus memberi tahu pemilik apa manfaatnya jika mereka membantu anda.

Kemudian yang bisa dilakukan selanjutnya, yaitu menjalankan guest blogging. menerbitkan siaran pers (press release), dan berkolaborasi dengan situs web lain. Namun langkah ini juga sangat sulit, jadi pilihan terakhir adalah membeli/membayar media besar atau nasional untuk menambahkan backlink ke website.

Strategi SEO Link Building

Di bawah ini adalah strategi SEO link building yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas link building website.

1. Buat backlink dari konten

Untuk mendapatkan backlink dari konten, perlu membuat konten yang berkualitas tinggi dan bermanfaat. Pastikan untuk membuat konten yang unik dan menarik agar target audiens menjadikan website sebagai sumber referensi.

Jenis konten yang membantu menghasilkan backlink mencakup panduan, e-book, infografis, statistik, video, gambar, dan banyak lagi. Selain untuk meningkatkan kualitas konten, content marketing juga dapat digunakan untuk mendukung operasional dan pengelolaan website atau Hubungi pemilik situs web lain yang relevan dan tepercaya dan bantu menempatkan tautan konten di situs web mereka.

Selanjutnya, 2. Mempelajari Backlink Kompetitor

2. Mempelajari Backlink Kompetitor

Yang bisa dilakukan adalah mengamati dari mana Kompetitor mendapatkan backlink. Menganalisis strategi apa yang digunakan kompetitor untuk mendominasi halaman website di mesin pencari. Anda bisa belajar dari kesalahan kompetitor dan bahkan menerapkan strategi yang sama. Ini akan membantu website mendapatkan lebih banyak backlink dibandingkan kompetitor.

3. Guest Blogging

Guest Blogging adalah aktivitas penulis tamu yang mempublikasikan artikel di situs lain. Manfaatnya bisa menyertakan link ke website sebagai sumber referensi.

Strategi guest blogging saat ini diawasi secara ketat oleh Google. Karena banyak oknum yang melanggar aturan Google dan membuat konten spam melalui guest blogging. Saat menerapkan strategi ini, sebaiknya tidak hanya mencari backlink saja, namun juga meningkatkan kualitas dan kegunaan artikel yang dihasilkan.

Referensi:
Cara Tingkatkan Trafik Blog/Web
Backlink Itu Apa Sih? Penting Ga?
Cara Menggunakan Pinterest untuk Meningkatkan SEO dan Traffic Situs

×
Latest Update Update
CLOSE