Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Salah Satu Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat: Terhindar dari Fitnah Dajjal

Jumat, 11 Agustus 2023 | X Read Last Updated 2023-08-11T08:52:25Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
SAFAHAD Technology - Berikut ini beberapa keutamaan membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat salah satunya agar terhindar dari fitnah Dajjal.
ilustrasi Salah Satu Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jum'at: Terhindar dari Fitnah Dajjal
SAFAHAD Technology - Berikut ini beberapa keutamaan membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat salah satunya agar terhindar dari fitnah Dajjal. Umat Islam dianjurkan sering membaca Al Quran untuk mendapatkan pahala dan ketenangan hati.

Dikutip Safahad News dari laman MUI, ganjaran pahala bagi orang yang membaca Al Quran penjelasannya terdapat pada salah satu hadis Nabi Muhammad SAW.

عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ
Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah saw bersabda, siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR Tirmidzi)
Tidak ada ketentuan khusus mengenai waktu membaca Al Quran apakah malam hari atau siang hari. Tetapi ada beberapa surat dalam Al Quran yang memiliki keutamaan ketika dibaca pada waktu tertentu seperti Surat Al Kahfi yang dianjurkan untuk dibaca pada hari Jumat.

Hal ini dijelaskan dalam salah satu hadis Nabi Muhammad SAW:
مَن قَرَأَ سورةَ الكَهفِ يومَ الجُمُعةِ أضاءَ له من النورِ ما بَينَ الجُمُعتينِ
Artinya: “Barang siapa yang membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat, niscaya Allah menyinarinya dengan cahaya antara dua Jumat”. (HR. Imam Ad Daruquthni dan Imam Baihaqi)

Surat Al Kahfi termasuk dalam kelompok surah Makkiyah karena diturunkan di kota Mekkah. Salah satu manfaat yang didapat ketika membaca Surat Al Kahfi yaitu terhindar dari fitnah Dajjal. Hal ini dijelaskan dalam hadis Nabi Muhammad SAW.

Halaman Selanjutnya...
من قرأ العشر الأواخر من سورة الكهف عُصم من فتنة الدجال
“Barang siapa membaca sepuluh ayat pertama dari Surat Al Kahfi, maka dia akan terlindungi dari fitnah Dajjal”. (HR. Muslim). Keutamaan membaca Surat Al Kahfi yang kedua yaitu diampuni dosa dalam dua jumat. Hal ini dijelaskan dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Bakar bin Mardawaih dari Abdullah bin Umar RA.

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ، سَطَعَ لَهُ نُورٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءِ، يُضِيءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، وغُفر لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْن
Artinya: “Barang siapa yang membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat.”

Keutamaan membaca Surat Al Kahfi yang ketiga yaitu sebagai pengingat hari kiamat. Hal ini terdapat pada Surat Al Kahfi ayat 47:
وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْاَرْضَ بَارِزَةًۙ وَّحَشَرْنٰهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ اَحَدًاۚ
Artinya: “Dan (ingatlah) pada hari (ketika) Kami perjalankan gunung-gunung dan engkau akan melihat bumi itu rata dan Kami kumpulkan mereka (seluruh manusia), dan tidak Kami tinggalkan seorangpun dari mereka”.

Demikian informasi keutamaan membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat salah satunya agar terhindar dari fitnah Dajjal.[safahad]
والله أعلمُ
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

×
Latest Update Update
CLOSE