Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sejarah 3 Kota Tertua di Australia

Rabu, 05 Juli 2023 | X Read Last Updated 2023-07-07T17:16:27Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
SAFAHAD Technology - Terdapat 3 kota tertua di Australia. Semuanya memiliki sejarah panjang yang berhubungan dengan penjajahan Inggris di tanah Australia.
Sejarah 3 Kota Tertua di Australia
SAFAHAD Technology - Terdapat 3 kota tertua di Australia. Semuanya memiliki sejarah panjang yang berhubungan dengan penjajahan Inggris di tanah Australia.

Penasaran apa saja tiga kota tersebut? Simak kisah selengkapnya di bawah ini.

Kota Tertua di Australia
Berikut 3 kota tertua di Australia menurut World Atlas. Yuk, baca sejarahnya agar lebih mengenal kota-kota ini.

1. Sydney
Sydney adalah kota tertua di Australia. Terdapat sejarah panjang di kota ini karena merupakan pemukiman Eropa paling awal di Australia. Kota Sydney terletak di pantai timur Australia dan dihuni penduduk asli Australia.

Bangsa Eropa pertama kali ke Sydney pada 29 April 1770, saat Letnan James Cook mendarat di Botany Bay. Cook lalu mengeklaim tanah itu sebagai milik Inggris.
Pada 1776, Inggris memutuskan untuk menggunakan tanah yang ditemukan Cook sebagai poh untuk para tahanan. Awalnya namanya "New Albion", kemudian diubah menjadi "Sydney" untuk menghormati Baron Sydney ke-1.

Pada tanggal 18 Januari 1788, armada pertama dari 11 kapal yang membawa narapidana tiba di Sydney. Hingga tahun 1792, terdapat 4.300 narapidana yang mendarat di Sydney.

Jalan, dermaga, gedung umum, dan sebagainya dibangun dengan menggunakan tenaga kerja narapidana. Pada tahun 1822, Sydney sudah memiliki bank. Sydney menjadi kota pertama Australia pada tahun 1842.

Populasi Sydney terus bertumbuh hingga mencapai 1 juta pada tahun 1925. Sejak saat itu, kota ini berkembang pesat dan saat ini menjadi kota modern seperti sekarang.

Selanjutnya, 2. Parramatta
2. Parramatta
Parramatta dianggap sebagai pemukiman Eropa paling awal kedua di Australia setelah Sydney. Inggris mendirikan Sydney dan Parramatta pada tahun 1788.

Aktivitas manusia di Parramatta ditaksir sudah ada sejak 30.000 tahun yang lalu menurut bukti penanggalan radiokarbon. Daerah itu dihuni oleh penduduk asli Darug sebelum kedatangan orang Eropa.

Ketika para narapidana dan penjajah Inggris tiba di Sydney, Gubernur Arthur Phillip menyadari bahwa tanah di Sydney terlalu buruk untuk menanam apa pun. Ia akhirnya memilih wilayah Parramatta sebagai lokasi untuk membangun pertanian.

Segera, pada tanggal 2 November 1788, pemukiman di wilayah Parramatta dimulai. Awalnya wilayah Parramatta disebut George Rose, tapi nama pribumi asli (Parramatta) digunakan lagi.

Biji-bijian pertama di Australia dibudidayakan di Parramatta. Kota ini juga menjadi tempat industri wol Australia pertama kali berkembang. Gubernur Arthur Phillip membangun rumah untuk dirinya sendiri di Parramatta.

Sekarang rumah itu disebut Gedung Pemerintah Lama dan merupakan situs bersejarah yang menjadi tuan rumah sebuah museum. Rumah Gubernur Arthur Phillip menjadi bangunan publik tertua yang bertahan di Australia.

3. Kingston
Kingston adalah ibu kota Pulau Norfolk Australia. Kingston menjadi kota tertua ketiga di Australia. Kingston didirikan pada 6 Maret 1788 oleh Letnan Philip Gidley King.

Awalnya, hanya ada 22 pemukim dengan 9 pria dan 6 narapidana wanita. Kelompok kecil tersebut berlayar dari Port Jackson, koloni Inggris yang baru didirikan di New South Wales.

Kota tua Kingston saat ini ada dalam bentuk jalur berkelok-kelok yang tidak beraturan di ujung Dermaga Kingston. Kota modern ini direncanakan oleh Royal Engineers pada tahun 1830-an. Saat ini, Kingston menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO.

Nah, itulah 3 kota tertua di Australia. Semoga informasi ini membantu, ya![kumparan]

CLOSE