Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Resep Bumbu Gulai Hijau Daging Sapi Bungo, Sajian Khas untuk Momen Spesial

Sabtu, 01 Juli 2023 | X Read Last Updated 2023-07-01T11:36:54Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
SAFAHAD Technology - Ternyata, selain dibuat olahan makanan seperti rendang, daging sapi juga enak diolah menjadi gulai hijau.
Gulai hijau daging sapi (Tim tvOne/Darlianto)
SAFAHAD Technology - Ternyata, selain dibuat olahan makanan seperti rendang, daging sapi juga enak diolah menjadi gulai hijau. Olahan daging goreng gulai hijau ini memiliki rasa yang super enak dan praktis.

Maka dari itu semua orang pasti tertarik untuk mencoba menu olahan daging gulai hijau, sehingga sering dijadikan makanan pembukaan saat pesta pernikahan umumnya di Kabupaten Bungo.

Bahkan, saat kita sedang menyantap hidangan gulai hijau daging sapi ini, membuat kita lupa dengan kata diet atau ingin menurunkan berat badan. Di Kabupaten Bungo sendiri, gulai hijau disajikan saat acara adat istiadat, pernikahan, kenduri dan acara besar lainnya.
Menu satu ini memang dianggap mewah, sehingga hanya disajikan pada momen tertentu saja. Meski begitu, peminat gulai hijau daging sapi sangat banyak, terkadang masyarakat juga sering menyantapnya sebagai sajian rumahan.

Tapi, untuk di rumah makan atau restoran bisa dikatakan belum banyak yang menyajikannya. Proses pembuatannya pun tidak terlalu sulit, namun membutuhkan waktu dan ketelatenan untuk menghasilkan gulai hijau yang enak, gurih dan lezat.

Hidangan gulai hijau daging sapi ini bisa dibilang sebagai makanan 'pencuri nasi' karena rasa gurih dari daging kambing dan segar dari kuahnya.
Sebelum memasak, pastikan Anda sudah tahu cara untuk mengolah daging sapi yang benar.

Selanjutnya, Bahan & Bumbu halus Gulai Hijau Daging Sapi Bungo
Bahan:
☑ 4 lembar daun jeruk
☑ 2 batang serai, memarkan
☑ 2 lembar daun kunyit, ikat jadi satu
☑ 3 lembar daun salam
☑ 2 buah bunga pekak

Bumbu halus:
☑ 2 cm jahe
☑ 10 butir bawang merah
☑ 5 butir bawang putih
☑ 10 buah cabe merah keriting (sesuai selera)
☑ 3 cm kunyit
☑ 1/2 sdt ketumbar
☑ 4 butir kemiri
☑ 2 cm kayu manis
Lada, garam, dan gula pasir secukupnya.

Adapun cara pembuatannya sangatlah mudah, dan sama seperti membuat gulai daging pada umumnya. Yang pertama, tumis terlebih dahulu rempah-rempah yang telah dihaluskan. Setelah mulai mendidih, masukan daging yang telah disiapkan sampai bumbunya meresap ke dalam daging.

Selanjutnya, masukan air dan sedikit santan kecil dan penyedap rasa sambil diaduk hingga dagingnya empuk. Jangan lupa gula pasir jika terlalu pedas ataupun asin. Setelah gulai hijau daging sudah masak, masukan ke dalam panci yang telah disiapkan, dan langsung bisa dicoba.

Itulah resep dan cara membuat gulai hijau daging sapi yang khas, enak dan wajib dicoba. Namun, jangan kalap dan harus tetap perhatikan kesehatan Anda. Selamat mencoba di rumah dan selamat berkumpul bersama keluarga menyambut Idul Adha 1444 H.[tvonenews]

CLOSE