Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

6 Tips Menjaga Berat Badan Ideal Saat Liburan Sekolah

Minggu, 02 Juli 2023 | X Read Last Updated 2023-07-02T15:03:15Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
SAFAHAD Technology - Masa liburan sekolah sudah dimulai. Para pelajar menikmatinya dengan berbagai cara, dari refreshing ke tempat-tempat wisata hingga istirahat di rumah saja.
ilustrasi 6 Tips Menjaga Berat Badan Ideal Saat Libur Sekolah
SAFAHAD Technology - Masa liburan sekolah sudah dimulai. Para pelajar menikmatinya dengan berbagai cara, dari refreshing ke tempat-tempat wisata hingga istirahat di rumah saja.

Apa pun bentuknya, libur panjang bisa menjadi masa paling rawan bagi tubuh. Sebab, jika tidak dijaga, pola makan yang biasanya teratur pada masa sekolah, menjadi tidak terkontrol.

Bahkan bagi pelajar yang mengisi liburan di rumah, ngemil dan mager menjadi kebiasaan lumrah yang dilakukan selama sebulan penuh. Jika tidak menjaga pola makan selama liburan, saat sekolah nanti bobot tubuh bisa bertambah secara berlebihan.
Maka itu tetaplah jaga pola makan. Jangan sampai setelah liburan kamu malah menjadi insecure karena berat badan melonjak tajam. Supaya tidak mengalami kenaikan berat badan saat libur panjang, simak tips yang bisa kamu jalani berikut ini:

1. Perhatikan Porsi Makan
Salah satu hal yang perlu diterapkan pelajar untuk mencegah kenaikan berat badan saat liburan adalah menghindari makan dalam porsi terlalu banyak.

Kamu dapat mencoba berbagai sajian kuliner, tapi batasi porsinya. Porsi makan terlalu banyak akan membuat asupan kalori jadi berlebihan. Oleh tubuh, kalori yang berlebihan ini kemudian akan ditimbun sebagai lemak.

Selanjutnya, 2. Perbanyak Asupan Protein
2. Perbanyak Asupan Protein
Saat liburan, pilihah jenis makanan yang mengandung protein. Mengonsumsi lebih banyak protein dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Dibanding makanan manis dan berlemak, makanan berprotein umumnya cenderung memiliki kalori lebih rendah, sehingga dapat mencegah berat badan naik.

3. Kunyahlah Makanan Secara Perlahan
Saat makan terlalu cepat, jumlah makanan yang dikonsumsi biasanya akan lebih banyak daripada yang dibutuhkan. Sebab munculnya sinyal rasa kenyang membutuhkan waktu, sehingga ketika sinyal tersebut muncul, kamu sudah terlanjur makan terlalu banyak.

Oleh karena itu, makanlah secara perlahan. Dengan begitu, jumlah makanan yang dikonsumsi tidak berlebihan ketika rasa kenyang muncul.

4. Jangan Menahan Lapar
Jangan berusaha menahan lapar bukan berarti bebas makan semaunya sampai kenyang ketika kamu merasa lapar. Saat kamu menahan lapar dan akhirnya menemukan makanan, kamu bisa tanpa sadar mengambil semua makanan yang ada, dan memakannya dalam jumlah berlebihan.

Lebih baik makanlah sebelum lapar menyerang dan berhentilah sebelum benar-benar kenyang. Bila perlu, makanlah dalam porsi kecil dengan frekuensi sering.

5. Cermat Memilih Camilan
Selain memperhatikan porsi dan jenis makanan, selektiflah dalam memilih camilan. Biasakan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian ketika sedang liburan. Buah-buahan lokal yang ada di tempatmu berlibur juga bisa menjadi pilihan camilan sehat.

Selanjutnya, 6. Tetap Berolahraga
Buah mengandung banyak serat yang baik untuk saluran pencernaan dan bisa menghasilkan rasa kenyang serta menurunkan nafsu makan. Sehingga, makanan bisa dikonsumsi dalam jumlah lebih sedikit. Hal ini juga bisa membantu menurunkan berat badan.

6. Tetap Berolahraga
Agar berat badan tetap ideal setelah liburan, pastikan kamu aktif bergerak dan menyempatkan diri untuk berolahraga. Tidak perlu berat-berat, sekadar berjalan kaki 30 menit per hari, misalnya untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang tidak terlalu jauh, bisa dihitung sebagai olahraga.

Selain melakukan cara-cara di atas, mencukupi waktu tidur juga tidak kalah penting. Kurang tidur bisa meningkatkan produksi hormon pemicu rasa lapar sehingga membuat kita jadi ingin terus makan. Alhasil, makan jadi berlebihan dan berat badan pun bertambah setelah liburan.

Nah, itulah enam tips untuk mencegah kenaikan berat badan selama masa liburan ini. Kesimpulannya, memilih jenis makanan dengan porsi yang tepat serta tetap menjalani aktivitas fisik akan menjauhkan kita dari risiko kenaikan berat badan usai liburan.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.[skor]

CLOSE