SAFAHAD Technology - Mobil listrik mungil Wuling Air ev bertambah saingannya. Fiat, produsen mobil asal Turin, Itali juga punya mobil listrik imut, namanya Fiat Topolino.

Nama Topolino sebenarnya juga sudah dikenal para pecinta mobil Fiat klasik. Ada spesies bernama Fiat Topolino yang diproduksi tahun 1935-1955. Bentuknya juga mungil.

Kini, nama Topolino tersemat pada sebuah mobil listrik mungil dengan desain yang lucu. Di Itali, Fiat Topolino ini hanya ditawarkan dalam satu warna saja. Basis platformnya sama dengan Citroen Ami yang masuk kategori quadricycle.
Fiat Topolino hanya bisa diisi 2 orang, dengan dua pintu (opsional) dan panjang total bodi cuma 2,5 meter. Sebagai mobil listrik mungil, ia disebut hanya bisa ‘ngebut’ maksimal di kecepatan 45 km/jam saja.

Karena bentuknya mungil, kapasitas baterainya pun tak terlalu besar, hanya 5.4 kWh saja. Klaim mampu menempuh jarak maksimal 75 km saja, dengan durasi pengisian baterai 4 jam hingga penuh.

Fiat belum mengumumkan harga jual Fiat Topolino, namun direncanakan bakal diluncurkan di Itali tak lama lagi. Hmm, kira-kira kalau diboyong ke Indonesia, ada yang tertarik enggak ya?[gridoto]