Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mengenal Apa Itu Frostbite, Tanda-tanda dan Penyebab

Sabtu, 01 Juli 2023 | X Read Last Updated 2023-07-01T10:40:28Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
SAFAHAD Technology - Frostbite bisa mengubah kulit kita menjadi berwarna kehitaman dan mengeras.
Ilustrasi tahap frostbite (radang dingin). Frostbite terjadi ketika lapisan kulit serta jaringan yang di bawahnya mati. Ini mengubah kulit bagian tubuh Anda hitam dan keras.(Shutterstock)
SAFAHAD Technology - Frostbite bisa mengubah kulit kita menjadi berwarna kehitaman dan mengeras. Mengutip Mayo Clinic, kondisi ini terjadi karena kulit terpapar cuaca dingin yang ekstrem hingga terjadi kerusakan kulit, otot, tulang, dan jaringan lainnya secara permanen.

Jika sudah terjadi kerusakan bagian tubuh, frostbite membutuhkan tindakan amputasi untuk mencegah infeksi lebih lanjut. Dalam artikel ini akan mengulas tentang Apa Itu Frostbite, Tanda-tanda dan Penyebab.

Apa itu frostbite?
Mengutip Cleveland Clinic, frostbite adalah kerusakan kulit yang disebabkan oleh suhu beku di bawah 32 derajat Fahrenheit (0 derajat Celsius). Anda lebih mungkin terkena radang dingin dalam situasi apa pun yang menyebabkan paparan dingin yang berkepanjangan:
• Selama musim dingin
• Dalam kondisi cuaca berangin
• Di dataran tinggi
• Jika Anda tidak memiliki tempat berlindung saat cuaca dingin

Kondisi yang diartikan sebagai radang dingin ini juga dapat memengaruhi kulit yang tertutup sarung tangan atau pakaian lain. Mungkin Anda tidak menyadari bahwa Anda mengalami radang dingin sampai orang lain menunjukkannya, karena kulit mati rasa.

Dikutip dari Mayo Clinic, frostbite terjadi dalam beberapa tahap:

• Frostnip: bentuk radang dingin ringan. Paparan dingin yang terus-menerus menyebabkan mati rasa di area yang terkena. Saat kulit Anda menghangat, Anda mungkin merasakan sakit dan kesemutan. Frostnip tidak menyebabkan kerusakan kulit permanen.

Selanjutnya, • Superficial frostbite (radang dingin dangkal)
• Superficial frostbite (radang dingin dangkal): ini menyebabkan sedikit perubahan pada warna kulit. Kulit mungkin mulai terasa hangat, tanda keterlibatan kulit yang serius. Jika Anda mengobati radang dingin pada tahap ini dengan menghangatkan kembali, permukaan kulit mungkin tampak berbintik-bintik. Anda mungkin merasakan perih, terbakar, dan bengkak. Lepuh berisi cairan dapat muncul 12 hingga 36 jam setelah menghangatkan kembali kulit.

• Deep frostbite (radang dingin dalam): tahap ini semua lapisan kulit serta jaringan yang terletak di bawahnya sudah terpengaruh. Kulit menjadi putih atau biru keabu-abuan dan Anda kehilangan semua rasa dingin, sakit atau tidak nyaman di area tersebut. Sendi atau otot mungkin berhenti bekerja. Lepuh besar terbentuk 24 hingga 48 jam setelah penghangatan kembali. Jaringan yang mati membuat kulit tubuh Anda menjadi hitam dan keras.

Apa saja tanda-tanda frostbite?
Seperti yang dilansir dari Cleveland Clinic, tanda-tanda radang dingin bervariasi berdasarkan pada tahap apa Anda berada dan tingkat keparahan kerusakan kulit. Gejala frostbite muncul dalam tiga tahap yang meliputi perasaan:

• Dingin, perih, nyeri, serta kulit kemerahan dan keunguan (frostnip)
• Rasa ditusuk pin dan jarum (superficial frostbite)
• Mati rasa dan kulit menghitam (deep frostbite)

Frostbite paling sering terjadi pada jari tangan, kaki, hidung, telinga, pipi dan dagu. Jika Anda melihat salah satu tanda-tanda frostbite tahap kedua atau ketiga, segera dapatkan perawatan medis untuk mencegah kerusakan jangka panjang.

Sementara, lakukanlah tindakan perawatan diri hingga bantuan medis tiba. Pertolongan pertama untuk frostbite adalah melepas pakaian yang basah, menghidrasi tubuh, membuat diri lebih hangat terutama di area yang terkena dampak, dan mengurangi nyeri dengan minum obat pereda nyeri.

Selanjutnya, Apa penyebab frostbite?
Apa penyebab frostbite?
Menurut Mayo Clinic, frostbite terjadi ketika kulit dan jaringan di bawahnya membeku. Penyebab forstbite yang paling umum adalah paparan kondisi cuaca dingin.

Namun, ini bisa juga disebabkan oleh kontak langsung dengan es, logam beku, atau cairan yang sangat dingin. Kondisi khusus yang menyebabkan radang dingin meliputi:

• Mengenakan pakaian yang tidak sesuai dengan kondisi Anda. Misalnya, pakaian yang tidak melindungi Anda dari cuaca dingin, berangin, atau basah, atau pakaian terlalu ketat.

• Berada di luar dalam cuaca dingin dan angin terlalu lama. Risiko meningkat saat suhu udara turun di bawah 5 Fahrenheit (minus 15 Celcius), bahkan dengan kecepatan angin rendah. Dalam angin dingin minus 16,6 Fahrenheit (minus 27 Celcius), radang dingin dapat terjadi pada kulit yang terpapar dalam waktu kurang dari 30 menit.[kompas]

CLOSE