Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mengenal Penyakit Kista, Penyebab dan Cara Menyembuhkannya

Sabtu, 24 Juni 2023 | X Read Last Updated 2023-06-24T00:17:36Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
SAFAHAD Technology - Kista adalah daging tumbuh yang yang terkadang tidak berbahaya, meskipun beberapa di antaranya bisa berubah menjadi tumor ganas.
Kista adalah benjolan yang bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja.(Shutterstock/onstockphoto)
SAFAHAD Technology - Kista adalah daging tumbuh yang yang terkadang tidak berbahaya, meskipun beberapa di antaranya bisa berubah menjadi tumor ganas.

Kista bisa muncul di bagian tubuh mana saja dan terkadang seseorang tidak mengetahui bahwa dirinya memiliki kista. Untuk itu, ketahui apa itu kista, penyebab, dan cara menyembuhkannya berikut ini.

Apa itu kista?
Dilansir dari WebMD, kista adalah benjolan yang berisi cairan, udara, atau partikel lainnya, yang tumbuh di bawah kulit. Kondisi ini merupakan kondisi yang umum terjadi dan siapa saja bisa memiliki kista yang bisa menghilang tanpa perawatan khusus.

Banyak yang tidak menyadari bahwa dirinya memiliki kista karena hanya berupa benjolan biasa yang berukuran kecil.
Menurut Healthline, pertumbuhan kista cukup lama dan akan memiliki permukaan yang halus, namun beberapa di antara memiliki ukuran yang besar.

Meskipun biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, ada beberapa kondisi yang membuat kista sakit, seperti:

・Infeksi
・Berukuran sangat besar
・Mengenai saraf atau pembuluh darah
・Tumbuh di bagian tubuh yang sensitif
・Mengganggu kinerja organ tubuh tertentu

Mayoritas jenis kista sering dianggap sebagai benjolan biasa sehingga perlu pemeriksaan secara menyeluruh untuk memastikan bahwa benjolan tersebut adalah kista.

Selanjutnya, Penyebab kista & Cara menyembuhkan kista
Penyebab kista
Dilansir dari MedicineNet, ada beberapa penyebab kista, seperti:

・Kondisi genetis
・Tumor
・Infeksi
・Gangguan pada janin selama kehamilan
・Gangguan pada sel tubuh
・Inflamasi kronis
・Penyumbatan saluran di dalam tubuh
・Infeksi parasit
・Cedera

Kista bisa tumbuh karena beberapa kondisi tersebut, namun penyebab pastinya akan tergantung dari jenis kista yang dialami.

Cara menyembuhkan kista
Dilansir dari Medical News Today, mayoritas kista bisa sembuh dengan sendirinya meskipun diperlukan tindakan medis untuk menghilangkan kista pada beberapa kasus.

Ada beberapa petimbangan yang perlu diambil untuk melakukan prosedur operasi pengangkatan kista, seperti ukuran, lokasi, dan rasa tidak nyaman yang timbul karena kista itu sendiri.

Selain itu, akan dilakukan prosedur pemeriksaan untuk mengetahui apakah kista tersebut memiliki sel kanker atau tidak. Jika terdapat sel kanker, prosedur operasi yang dilakukan juga akan melibatkan biopsi pada dinding kista.

Sedangkan kista yang disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS), maka pengobatan yang dilakukan akan berfokus pada penyembuhan penyakit itu sendiri.

Setelah mengetahui apa itu kista, penyebab, dan cara menyembuhkannya, Anda disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan medis jika mengkhawatirkan benjolan yang muncul pada tubuh terkait kista. Beberapa jenis kista bisa berbahaya dan memerlukan pengobatan atau operasi sehingga tidak akan menjadi lebih parah.[kompas]

CLOSE