Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Apa Itu Computer Vision Syndrome? Berikut Tips Pencegahannya

Selasa, 20 Juni 2023 | X Read Last Updated 2023-06-20T00:09:08Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
SAFAHAD Technology - Menjaga kesehatan mata sangat penting untuk dilakukan. Sebab punya gangguan mata sangat mengganggu aktivitas kehidupan sehari-hari.
Mata sakit (Foto: All about vision)
SAFAHAD Technology - Menjaga kesehatan mata sangat penting untuk dilakukan. Sebab punya gangguan mata sangat mengganggu aktivitas kehidupan sehari-hari.

Bagi generasi milenial, teknologi merupakan bagian dari keseharian. Setiap hari mereka di depan handphone, komputer, maupun laptop. Ini membahayakan mata jika tidak diantisipasi dengan baik.

Bagi pekerja yang intens bekerja dengan komputer bahkan dapat mengalami computer vision syndrome (CVS), yakni keluhan mata dan penglihatan akibat terlalu lama bekerja di depan komputer.

Lalu bagaimana cara mencegah terkena computer vision syndrome?
Dr. Raissa Vaniana Hartanto Sp.M. menjelaskan, pola hidup yang baik dan mengkonsumsi makanan bernutrisi sangat diperlukan untuk mencegah kita mengalami gangguan kesehatan mata. “Cara menjaga kesehatan mata bisa dibagi menjadi dua yaitu dari lifestyle dan makanan yang kita konsumsi."
Lifestyle berbahaya yang sering dilakukan seperti jarak dengan gawai terlalu dekat, jarak yang disarankan yaitu 50-60 cm. Saat menggunakan gawai usahakan di tempat yang terang supaya mendapatkan pencahayaan yang terang. Tidak direkomendasikan bermain gawai sembari tiduran.

“Disamping itu, perlu juga melakukan pembatasan screen time, untuk dewasa sebaiknya hanya 6 sampai 8 jam dalam sehari, anak-anak usia 3 tahun kebawah sebaiknya tidak terpapar gadged sama sekali karena dikhawatirkan dapat merusak mata, sedangkat usia 4 sampai 6 tahun
sebaiknya kurang lebih 1½ jam sehari, usia 7 sampai 12 tahun sebaiknya 3 sampai 4 jam,” ujarnya.

Selanjutnya, untuk pekerja yang sering menatap layar laptop
Sementara itu, untuk pekerja yang sering menatap layar laptop disarankan untuk mengistirahatkan mata dengan rule 20-20-20. Setiap 20 menit mengistirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat jarak 6 meter atau 20 kaki. Kontras layar di handphone juga penting,disarankan tidak terlalu terang dan terlalu gelap.

Selain pola hidup yang baik, upaya lain yang harus diterapkan adalah mengkonsumsi makanan bernutrisi dan asupan herbal yang mampu menguatkan kesehatan mata.

Sementara itu Reza Yazdi, VP Marketing Ethos mengatakan, kesehatan mata merupakan prioritas bagi seluruh masyarakat, karena mata merupakan aset penting bagi setiap manusia. Untuk itu perlu dijaga dengan multivitamin herbal dari madu, wortel, dan blueberry yang baik untuk kesehatan mata. Semua kandungannya baik bagi kesehatan mata.[okezone]

×
Latest Update Update
CLOSE