Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Apa Itu Penyakit Sinus Preauricular, Penyebab Telinga Merah dan Bengkak

Minggu, 07 Mei 2023 | X Read Last Updated 2023-05-07T14:13:17Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
SAFAHAD Technology - Pernahkah Anda melihat seseorang dengan lubang kecil di dekat telinganya atau Anda sendiri yang mengalami kondisi ini?
ilustrasi: Apa Itu Penyakit Sinus Preauricular, Penyebab Telinga Merah dan Bengkak
SAFAHAD Technology - Pernahkah Anda melihat seseorang dengan lubang kecil di dekat telinganya atau Anda sendiri yang mengalami kondisi ini? Jika Anda melihat ada lubang kecil di telinga Anda, jangan abaikan.

Karena itu mungkin merupakan cikal bakal dari sinus preauricular. Sinus preauricular adalah lubang yang terlihat atau seperti lesung pipi. Kasus ini tergolong langka dan kongenital (bawaan lahir) alias turun-temurun.

Apa Itu Penyakit Sinus Preauricular?

Embriologi perkembangan lengkungan branchial daun telinga terbentuk selama minggu ke-4 dan ke-6 kehamilan. Lengkungan branchial pertama dan kedua menimbulkan serangkaian proliferations mesenchymal, juga hillocks, membentuk daun telinga.
Selain itu, lipatan lokal ektoderm selama pembentukan aurikularis juga merupakan salah satu penyebab pembentukan sinus preauricular.

Dilansir dari Very Well Health, Meskipun ini adalah kondisi bawaan, lubang kecil di sebagian besar sinus preauricular adalah kondisi jinak dan tidak perlu dikhawatirkan.

Namun, kemunculannya terkadang ditandai dengan rasa gatal, karena lubang tersebut merupakan tempat berkumpulnya bakteri jamur yang berasal dari air dan keringat.
Saat gatal, pengidap biasanya mencoba mengutak-atik lubang tersebut, dan menyebabkan infeksi.

Selanjutnya, Sinus Preauricular, Salah Satu Penyakit Langka
Sinus Preauricular, Salah Satu Penyakit Langka
Sinus preauricular pertama kali didokumentasikan oleh Van Heusinger pada tahun 1864. Ketika sinus membentuk kista atau terinfeksi, tindakan medis biasanya diperlukan sesegera mungkin. Karena kista sinus mengeluarkan bau yang tidak sedap bahkan bisa bernanah.

Penanganan yang dapat dilakukan beragam dan dapat berupa pengeringan sinus atau bahkan menghilangkan kista pada sinus.

Tidak banyak orang di dunia ini yang terlahir dengan sinus preauricular. Menurut International Journal of Biomedical Science, berbagai wilayah di dunia memiliki prevalensi penderita sinus preauricular yang berbeda. 1-9% di Eropa, hanya 0,9% di Amerika, sekitar 2,5% di Taiwan bahkan 10% di beberapa bagian Afrika.

Juga, secara global, hanya 5% orang yang memiliki sinus preauricular. Sinus ini dapat diturunkan dari generasi ke generasi dan dapat terjadi pada salah satu atau kedua telinga. Namun, penelitian menunjukkan bahwa sinus preauricular paling sering terjadi di sudut kanan atas telinga.

Inilah Komplikasi yang Dapat Disebabkan Sinus Preauricular
Sinus preauricular sangat rentan terhadap infeksi bakteri, yang menyebabkan keluarnya cairan dari pusat sinus dan menimbulkan gejala seperti nyeri, bengkak, gatal, sakit kepala, dan demam. Selain itu, ada kemungkinan 1,7-2,6% bahwa sinus preauricular dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan masalah ginjal.

Referensi:
- https://www.halodoc.com/artikel/kenali-sinus-preauricular-penyebab-telinga-merah-dan-bengkak
- Very Well Health. Diakses pada 2019. Preauricular Pits and The Hole in Your Child’s Ear Medscape. Diakses pada 2019. Preauricular Sinus International Journal of Biomedical Science. Diakses pada 2019. Presentation of Preauricular Sinus and Preauricular Sinus Abscess in Southwest Nigeria

CLOSE