Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

UNS Solo Gelar Pengukuhan 5 Guru Besar dari 4 Fakultas pada Dies Natalis Ke-47

Senin, 06 Maret 2023 | X Read Last Updated 2023-03-06T19:22:36Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
SAFAHAD Technology - Menjelang Dies Natalis ke-47, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akan menambah lima guru besar baru.
Menjelang Dies Natalis ke-47, Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo akan menambah lima guru besar baru.
SAFAHAD Technology - Menjelang Dies Natalis ke-47, Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo akan menambah lima guru besar baru. Kelima guru besar itu akan dikukuhkan oleh Rektor UNS Jamal Wiwoho secara daring dan luring di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS Solo, Selasa, 7 Maret 2023.

Guru besar pertama yang akan dikukuhkan adalah Albertus Sentot Sudarwanto. Sentot merupakan dosen Fakultas Hukum (FH) yang akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Hukum.

Sentot akan menjadi guru besar ke-10 di FH dan ke-255 UNS. Dalam sidang pengukuhannya besok, Sentot akan membacakan pidato pengukuhan dengan judul "Model Imbal Jasa Lingkungan Berbasis Kontraktual Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Perdata".
Guru besar kedua adalah Agus Purwantoro yang merupakan dosen di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD). Agus akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Penciptaan Performance Art FSRD UNS. Ia akan menjadi guru besar ke-3 FSRD dan ke-256 UNS.

Dalam sidang pengukuhannya, Agus akan membacakan pidato pengukuhan dengan judul "Eksplorasi Kreatif dan Identitas Karakter dalam Seni Rupa Kontemporer Indonesia".

Guru besar ketiga adalah Bambang Harjito yang juga merupakan dosen FSRD. Bambang akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Kriptografi dan Keamanan Informasi pada Fakultas Teknologi Informasi dan Sains Data (Fatisda) UNS.
Bambang yang saat ini menjabat sebagai Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan guru besar pertama FATISDA dan ke-257 UNS. Dalam pengukuhan besok, Bambang akan membacakan pidato dengan judul "Keamanan Informasi Menggunakan Kriptografi Deoxyribo Nucleic Acid (DNA) Berbasis Nth Degree Truncated Polynomial Ring Units (NTRU) Kriptosistem pada Cyber Space`.

Guru besar keempat adalah Rahmanu Widayat, dosen sekaligus Dekan FSRD UNS yang akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Estetika. Rahmanu akan menjadi guru besar ke-4 FSRD dan ke-258 UNS. Ia akan membacakan pidato pengukuhan dengan judul "Estetika Rupa Jawa dalam Konstelasi Seni Timur dan Barat".

Guru besar kelima adalah Danar Praseptiangga yang akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pangan pada Fakultas Pertanian (FP) UNS. Ia akan menjadi guru besar ke-38 FP dan ke-259 UNS.

Pidato pengukuhan yang akan dibacakan Danar berjudul "Pengembangan Pangan Fungsional dan Pengemas Pangan Berkelanjutan Berbasis Sumber Daya Alam Indonesia".

Rektor UNS Jamal Wiwoho berharap dengan penambahan lima guru besar baru itu semakin menguatkan UNS menuju World Class University (WCU). “Alhamdulillah menjelang Dies Natalis ke-47 ini, UNS menambah lima guru besar baru dari berbagai fakultas, yaitu FH, FSRD, Fatisda yang merupakan fakultas baru, dan FP," kata Jamal.

Ia juga berharap pengukuhan lima guru besar yang baru itu dapat memotivasi dosen-dosen lain untuk segera menjadi guru besar. "Saya senang dan bangga dengan bertambahnya lima guru besar baru, semoga mampu meningkatkan mutu UNS sebagai perguruan tinggi negeri berkelas dunia,” ucap dia.[tekno.tempo]

CLOSE