Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

8 Alasan Bayi Sering Terbangun dan Menangis di Malam Hari

Selasa, 21 Maret 2023 | X Read Last Updated 2023-03-20T23:30:23Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
SAFAHAD Technology - Bagi orang tua yang memiliki bayi sang buah hati, tidak jarang menemukan bayi sering terbangun di malam hari.
8 Alasan Bayi Sering Terbangun dan Menangis Saat Malam Hari
SAFAHAD Technology - Bagi orang tua yang memiliki bayi sang buah hati, tidak jarang menemukan bayi sering terbangun di malam hari. Dalam beberapa kasus, bayi bahkan tidak tidur di malam hari dan membuat orang tua begadang untuk merawatnya. Ada banyak alasan mengapa bayi terbangun dan menangis di malam hari.

Dikutip dari parents.com, berikut beberapa penyebab umum bayi sering terbangun di malam hari.

1. Kedinginan atau Kepanasan
Alasan nomor satu bayi bangun adalah merasa kedinginan atau kepanasan. Cuaca yang sangat dingin akan bikin mudah terbangun. Begitu juga dengan cuaca sangat panas. Sebaiknya, gunakan pakaian bayi yang nyaman. Kenakan pakaian hangat saat cuaca dingin, dan kenakan pakaian dingin saat cuaca panas.

2. Suara Berisik atau Bising
Adanya kebisingan dan suara berisik juga kemungkinan akan membangunkan bayi di malam hari. Cobalah untuk menidurkan bayi Anda di kamar yang tenang dan nyaman, tanpa terlalu banyak suara di sekitarnya. kebisingan dan suara berisik juga cenderung mengagetkan bayi saat tidur.

3. Sakit
Bayi yang lagi sakit juga sering terbangun di malam hari. Dia bahkan cenderung gelisah, menangis, dan sulit tidur kembali. Kompres bayi jika badannya panas. Tenangkan dia dan pijat bagian tubuhnya yang sakit untuk menenangkannya.

4. Tumbuh Gigi
Saat-saat tumbuh gigi seringkali membuat bayi menangis dan terbangun di malam hari. Tumbuh gigi bahkan dapat meningkatkan risiko bayi Anda terkena demam. Ini menciptakan suasana yang sangat tidak nyaman. Bayi juga lebih mudah bangun.
5. Popok Penuh atau Kotor
Cobalah untuk memeriksa popok bayi Anda sesering mungkin. Popok yang terlalu penuh, basah dan kotor tidak nyaman bagi bayi Anda. Ini bisa membuatnya lebih rentan untuk bangun di malam hari. Ini juga cenderung membuatnya rewel.

6. Kelelahan
Bayi yang terlalu lelah juga akan sering terbangun di malam hari. Kelelahan pada bayi bisa disebabkan oleh aktivitas yang terlalu padat, perjalanan jauh atau kurangnya perhatian orang tua. Sama seperti orang dewasa, bayi yang lelah akan merasa mudah tidak nyaman, emosional, dan rewel.

7. Lapar
Kelaparan juga bisa membuat anak lebih mudah bangun di malam hari. Kelaparan karena belum minum ASI atau tidak cukup makan nutrisi bisa membuat bayi Anda merasa tidak nyaman. Ketidaknyamanan ini sering membuatnya terjaga di malam hari.

8. Tidak Mau Jauh-Jauh dari Mom
Dalam masa pertumbuhan dan perkembangan bayi, ada kalanya ia tidak ingin jauh dari ibunya. Seiring dengan tumbuh kembangnya, ada minggu-minggu khusus dimana bayi suka lebih dekat dengan ibunya, mudah rewel dan tidak mau ditinggalkan meski sedang tidur.

Itulah beberapa alasan umum mengapa bayi Anda bangun di malam hari. Semoga informasi ini bisa membantu Anda. Ayah dan Bunda, jagalah buah hatimu dengan segala keikhlasan, agar kita selalu bahagia dan bersyukur memilikinya. Bahkan saat kita sedang lelah, letih, dan sering begadang, keikhlasan membantu kita menjadi orang tua yang lebih sabar.

CLOSE