Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

5 Kebiasaan Baik agar Membuat Anak Menjadi Pintar

Kamis, 23 Maret 2023 | X Read Last Updated 2023-03-23T01:12:21Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
SAFAHAD Technology - Kata "pintar" sering didefinisikan sebagai kualitas akal, cakap, dan mampu melakukan sesuatu.
Ilustrasi 5 Kebiasaan Baik agar Membuat Anak Jadi Pintar
SAFAHAD Technology - Kata "pintar" sering didefinisikan sebagai kualitas akal, cakap, dan mampu melakukan sesuatu. Sebagai orang tua, kita juga ingin agar anak-anak kita tumbuh dengan sifat-sifat baik tersebut. Untuk menjadikan anak lebih cerdas, orang tua juga harus berperan aktif dan langsung dalam perkembangan anak.

Berikut beberapa kebiasaan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu anak menjadi lebih pintar. Anda bisa mulai dengan mengadopsi kebiasaan paling sederhana.Untuk informasi lebih lanjut, lihat uraiannya di bawah ini.

5. Mengapresiasi Usaha Anak
Dilansir dari laman Business Insider, Brian Galvin, pengajar dan kepala akademik di Varsity Tutors, Seattle, menjelaskan bahwa penelitian menunjukkan bahwa ketika siswa menerima penghargaan atau hadiah untuk penempatan dan nilai ujian (seperti misalnya uang atau hadiah), pengaruhnya tidak banyak. .

Namun, ketika orang tua memuji usaha, semangat, dan kemauan anak untuk mencoba hal-hal baru meskipun gagal, anak cenderung lebih antusias dan berusaha lebih keras untuk berhasil.
Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang mungkin terbiasa memuji atau menghargai usaha anak untuk menjaga semangatnya.

4. Membahas Sesuatu Bersama
Sebagai orang tua, kita dapat mendiskusikan hal-hal menarik dengan anak kita setiap hari. Bisa jadi sesuatu yang Anda baca di buku, sesuatu yang baru Anda lihat bersama, atau sesuatu yang membangkitkan rasa ingin tahu anak Anda. Mendiskusikan sesuatu dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis anak. Selain itu juga dapat membantu meningkatkan kemampuan komunikasi anak.

3. Memberi Kesempatan Anak untuk Mengajar
Ketika kita menyukai sesuatu, kita sering ingin dunia mengetahuinya. Begitu juga dengan perasaan anak ketika menyukai sesuatu.
Ketika ada sesuatu yang disukai anak-anak Anda, mereka ingin sekali memberi tahu orang-orang di sekitar mereka. Disini kita bisa membiasakan anak untuk menjadi “guru”. Anak-anak dapat merasa bahagia ketika dipercaya untuk membantu orang lain memahami sesuatu yang mereka sukai atau baru saja mereka temukan.
2. Mengizinkan Anak untuk Jujur Mengutarakan Perasaannya
Orang tua sering meminta anaknya untuk selalu menjadi anak yang baik atau bahagia. Meskipun anak-anak juga dapat mengalami berbagai jenis emosi dan perasaan. Di sini kita dapat membiasakan diri untuk membantu anak jujur ​​tentang apa yang mereka rasakan.

Jangan terlalu cepat menilai ketika anak sedang kesal, sedih, atau marah. Sebaliknya, cobalah membantunya mengatur emosinya dan membantunya menemukan ketenangan.

1. Menjaga Pola Makan Sehat
Gizi dan nutrisi yang tepat dapat mendukung perkembangan kecerdasan anak. Integrasikan kebiasaan makan sehat ke dalam kehidupan sehari-hari Anda. Merencanakan makan bersama juga merupakan ide yang bagus. Perkenalkan makanan bergizi kepada anak dan sajikan sesuai selera mereka. Sehingga anak bisa merasa nyaman dengan segala kebiasaan makannya di rumah.

Inilah 5 Kebiasaan Baik agar Membuat Anak Jadi Pintar. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat, ya.

CLOSE