Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Membuat Recent Post Keren di Blogger

Sabtu, 16 Desember 2023 | Kali Dibaca Last Updated 2023-12-15T19:04:07Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
Tentunya jika memasang recent post, widget recent post ini akan membuat pengunjung dapat melihat postingan terbaru saat ini
Ilustrasi: Cara Membuat Recent Post Keren di Blogger
SAFAHAD Technology - Kali ini safahadtech berbagi widget yang dikenal blogger: Recent Post. Recent Post adalah widget yang memiliki fungsi untuk menampilkan postingan terbaru yang telah ditambahkan ke sidebar blog Anda.

Tentunya jika memasang recent post, widget recent post ini akan membuat pengunjung dapat melihat postingan terbaru saat ini, sehingga memudahkan dalam mencari postingan baru untuk dibaca selanjutnya, sehingga sangat berguna juga untuk menambah jumlah kunjungan di blog.

Selain recent post, ada widget serupa yang sering disematkan di blog, yaitu "Popular Post". Perbedaannya hanya pada Popular Posts yang menampilkan postingan yang sering dilihat, sedangkan recent post menampilkan postingan yang baru saja dipublikasikan. Kedua widget tersebut memberikan informasi tentang artikel menarik lainnya di blog.

Jadi sangat berguna untuk memasang recent post dan anda tidak perlu khawatir untuk memasangnya karena blogger sendiri sudah memiliki settingan default namun agar terlihat lebih keren dan menarik, artikel ini diperuntukkan bagi yang ingin memasang recent post di blog. Berikut adalah cara membuat recent post keren dan menarik di blog.

Beberapa hal yang patut diperhatikan adalah desain recent post itu sendiri, jadi jangan memilih yang tidak sesuai dengan blog, karena hanya akan merusak tampilan theme blog itu sendiri. Silakan pilih sesuai dengan tema atau template blog.

Membuat Recent Post di Blog Responsive

Widget ini tidak berisi gambar sehingga tidak mempengaruhi loading blog yang berarti blog anda akan loading dengan cepat.

1. Seperti biasa, login terlebih dahulu ke akun Blogger.
2. Pilih tata letak lalu posisi penempatan Widgetnya.
3. Klik Add Widget/Tambah Widget dan pilih HTML/JavaScript. Masukkan kode berikut pada kolom yang tersedia.
    
<style scoped='' type="text/css">
ul#recent-posts{list-style:none;margin:0;padding:0}li.recent-posts{display:block;clear:both;overflow:hidden;list-style:none;border-bottom:1px solid #e3e3e3;word-break:break-word;padding:10px 0;margin:0;}
li.recent-posts:last-child{border-bottom:0;}
li.recent-posts a{color:#444;}li.recent-posts a:hover{color:#444;text-decoration:underline}
</style>
<ul id="recent-posts"></ul>
<script>
//<![CDATA[
var homePage = "https://www.safahadtech.my.id",
numPosts = 5;
function recentPosts(a){if(document.getElementById("recent-posts")){var e=a.feed.entry,title,link,content="",ct=document.getElementById("recent-posts");for(var i=0;i<numPosts;i++){for(var j=0;j<numPosts;j++){if(e[i].link[j].rel=="alternate"){link=e[i].link[j].href;break}}var title=e[i].title.$t;content+='<li class="recent-posts"><a href="'+link+'" title="'+title+'" target="_blank" rel="nofollow">'+title+'</a></li>'}ct.innerHTML=content}}var rcp=document.createElement('script');rcp.src=homePage+'/feeds/posts/summary?alt=json-in-script&orderby=published&max-results='+numPosts+'&callback=recentPosts';document.getElementsByTagName('head')[0].appendChild(rcp);
//]]>
</script>
 
4. Terakhir, klik Simpan dan periksa hasilnya. jika pemasangan benar dan tepat, akan terlihat hasilnya seperti dibawah ini
Keterangan
var homePage = “https://www.safahadtech.my.id”, = Ganti dengan URL Blog Kamu
numPosts = 5; = Jumlah artikel yang akan ditampilkan.
Hasil Berdasarkan Postingan Terbaru

    Selanjutnya, Membuat Widget Recent Post di Blog Dengan Mudah

    Membuat Widget Recent Post di Blog Dengan Mudah

    Widget ini merupakan tool bawaan blogger yang menampilkan artikel baru.
    1. Masuk ke akun Blogger.
    2. Pilih Tata Letak, pilih di mana tempat Recent Post akan disisipkan.
    3. Tambahkan Gadget lalu pilih Feed
    4. Masukkan URL feed blog anda. Contoh: https://www.safahadtech.my.id/feeds/posts/default
    5. Terakhir, klik Simpan dan periksa hasilnya.

    Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Membuat Recent Post Keren di Blogger. Semoga ini bermanfaat. Selamat Mencoba!!!

    CLOSE