SAFAHAD Technology - Google mengumumkan peluncuran sistem operasi Android 14 serta ponsel Pixel 8 dan Pixel 8 Pro Rabu lalu di acara Made by Google. Pembaruan perangkat lunak Android 14 diluncurkan ke perangkat yang didukung.

Rilis besar terbaru dari sistem operasi seluler Android menghadirkan fitur-fitur baru ke ponsel pintar Android pengguna, termasuk wallpaper yang dihasilkan AI, kunci kata sandi aplikasi pihak ketiga, pengingat berbagi data bulanan, dan pemberitahuan lampu flash kamera.

Dilansir dari laman CNET pada Kamis, 12 Oktober 2023, Android 14 pertama kali dirilis sebagai beta pengembang pada bulan Februari, tepat setelah acara tahunan Google "Google I/O", dan versi beta dirilis beberapa bulan kemudian. Android 14 sedianya dijadwalkan dirilis ke publik pada awal September, namun akhirnya ditunda.

Google biasanya mengembangkan pembaruan Android baru, yang dikenal sebagai OS Android, dan merilisnya terlebih dahulu ke perangkatnya sendiri, seperti Pixel Pro, Pixel Fold, dan Pixel Tablet. Berikut daftar lengkapnya:

Pixel 4A
Pixel 5
Pixel 5A
Pixel 6
Pixel 6 Pro
Pixel 6A
Pixel 7
Pixel 7 Pro
Pixel 7A
Pixel 8
Pixel 8 Pro
Pixel Fold
Pixel Tablet

Sementara itu, pembaruan berbasis Android 14 diharapkan tersedia pada akhir tahun 2023 untuk perangkat dari Samsung, Nothing, OnePlus, Sony, dan produsen lain yang menggunakan Android. Berikut daftar lengkap ponsel yang mendapat update Android 14 tahun ini.

Samsung
iQOO
Nothing
OnePlus
Oppo
Realme
Sharp
Sony
Tecno
Vivo
Xiaomi

Tidak semua ponsel bisa melakukan upgrade, namun semua ponsel yang mendukung update ke Android 14 nantinya akan menerima notifikasi update.