Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Urutan Chipset Hp terbaik dan Murah yang Belum Masuk di Indonesia

Kamis, 01 Juni 2023 | X Read Last Updated 2023-10-03T22:52:41Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
SAFAHAD Technology - Ada beberapa chipset HP ampuh dan murah tapi belum dijual di Indonesia, apa saja? Ternyata ada lho chipset yang cukup ampuh untuk HP, sayang tidak masuk Indonesia.
ilustrasi Chipset Hp
SAFAHAD Technology - Ada beberapa chipset HP ampuh dan murah tapi belum dijual di Indonesia, apa saja? Ternyata ada lho chipset yang cukup ampuh untuk HP, sayang tidak masuk Indonesia.

Persaingan pasar chipset di dunia semakin ketat belakangan ini. Setidaknya, ada empat chipset yang saling bersaing dan mencuri hati pengguna gadget pada 2023 ini,

Mereka adalah Qualcomm Snapdragon, Samsung Exynos, HiSilicon Kirin, dan MediaTek Dimensity. Keempatnya memiliki kelebihan dan kelemahan sendiri.

Apa itu Chipset?
Chipset sendiri merupakan komponen yang mengontrol semua yang terjadi di ponsel cerdas kamu dan memastikannya berfungsi dengan benar.
Chipset pada smartphone biasanya disebut sebagai system on chip (SoC) atau otaknya gadget.

Snapdragon dan Dimensity kerap berlomba membuat chipset berkinerja keren dengan harga murah. Ada banyak sekali chipset murah dengan performa ciamik yang saat ini dipasarkan, sebut saja Dimensity 6020, 700, Snapdragon 845 dan sebagainya.

Akan tetapi, beberapa chipset murah dengan performa memukau ternyata belum dijual di Indonesia lho.
Buat kamu yang belum tahu, berikut adalah beberapa chipset HP ampuh dan murah tapi belum ada di Indonesia:

Selanjutnya, 1. Qualcomm Snapdragon 4 Gen 1
1. Qualcomm Snapdragon 4 Gen 1
Chipset ini sebenarnya sudah dirilis pada Juni 2022 lalu, akan tetapi Snapdragon 4 Gen 1 belum juga masuk ke Indonesia. Qualcomm Snapdragon 4 Gen 1 (SM4375) adalah SoC berbasis ARM kelas menengah yang sebagian besar ditemukan di tablet dan smartphone Android.

Chipset ini dibekali dengan fitur 8 inti Kryo, yang mampu 64-bit dan dibagi menjadi dua kelompok. Kumpulan dua inti yang cepat hingga 2 GHz berdasarkan desain ARM Cortex-A78. Dan cluster efisiensi hemat daya hingga 1,8 GHz berdasarkan core ARM Cortex-A55 yang jauh lebih kecil. Kedua cluster juga dapat digunakan secara bersamaan.

Snapdragon 4 Gen 1 ini diklaim mampu memberikan pengalaman penggunaan yang lebih nyaman sebab memiliki konsumsi daya yang lebih efisien. Namun sayang, chipset ini belum juga sampai ke tanah air.

2. Qualcomm Snapdragon 6 Gen 1
Menurut Qualcomm, perangkat berbasis platform Snapdragon 6 Gen 1 akan tersedia secara komersial pada kuartal pertama tahun 2023. Meski demikian sampai saat ini, Snapdragon belum juga merilis chipset murahnya tersebut di Indonesia.

Menurut bocoran tersebut, Snapdragon 6 Gen 1 akan didasarkan pada node 4nm dan akan hadir dengan nomor komponen SM6450. Kabarnya, chipset ini akan dibekali dengan Qualcomm Kyro CPU dengan kecepatan clock hingga 2.2GHz.

Untuk konektivitas, Snapdragon 6 Gen 1 akan menampilkan modem Snapdragon X62 5G yang menawarkan band 5G mmWave dan sub-6GHz. Dengan segala kinerja yang dijanjikan, HP yang dibekali chipset ini akan dijual relatif murah.

Selanjutnya, 3. MediaTek Dimensity 930
3. MediaTek Dimensity 930
MediaTek meluncurkan SoC atau chipset unik pada Mei 2022. Chipset tersebut mereka beri nama Dimensity 930, sebuah chipset 5G untuk smartphone kelas menengah.

MediaTek Dimensity 930 mendukung True Dual 5G SIM (5G SA + 5G SA) yang memberi pengguna kecepatan 5G yang konsisten. Teknologi ini juga dibekali dengan VoNR untuk memberikan pengalaman panggilan suara dan video dengan kualitas terbaik dari kedua koneksi SIM.

Dengan 2CC-CA termasuk mixed duplex FDD+TDD, smartphone MediaTek Dimensity 930 dapat menggabungkan keunggulan low dan mid-band untuk kecepatan yang lebih tinggi dan jangkauan yang lebih luas. Sayangnya, chipset ini belum juga dirilis di Indonesia nih.

4. Samsung Exynos 2300
Dan yang paling jadi perbincangan belakangan ini adalah Exynos 2300 dari Samsung. Sudah sejak akhir tahun 2022 lalu, banyak rumor yang menyebut jika Exynos 2300 akan menampilkan kinerja yang bersaing dengan Snapdragon dan Mediatek.

Belum diketahui apakah akan ada HP dengan chipset Exynos 2300 yang akan dijual di Indonesia. Meski demikian, Samsung dirumorkan akan merilisnya juga di negara berkembang.

Itulah deretan chipset HP ampuh dan murah yang sayangnya belum ada di Indonesia.[hitekno]

Cek Produk Realme C55

TokopediaShoopeLazada
BukalapakTikTok ShopWhatsApp
CLOSE