Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Apa Itu Virtual Account, Kelebihannya dan Metode Pembayaran untuk Transaksi Keuangan

Selasa, 25 Oktober 2022 | X Read Last Updated 2023-02-14T21:23:15Z
Advertisement
Pages/Halaman:
Marketplace
Maintenance
SAFAHAD Technology - Anda mungkin pernah mendengar tentang Virtual Account. Memudahkan transaksi keuangan di era digitalisasi. Virtual Accounts (VA) merupakan inovasi yang lahir dari kemajuan ini.
ilustrasi BRI Virtual Account
SAFAHAD Technology - Anda mungkin pernah mendengar tentang Virtual Account. Memudahkan transaksi keuangan di era digitalisasi. Virtual Accounts (VA) merupakan inovasi yang lahir dari kemajuan ini.

Tapi apa itu Virtual Account dan bagaimana cara kerjanya? Apa saja jenis virtual account yang ada saat ini?, berikut penjelasan lengkapnya.

Apa itu Virtual Account?
Virtual Account adalah akun/rekening bank yang dibuat secara virtual, biasanya dalam bentuk kombinasi angka unik yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi pembayaran.

Sejumlah besar bank kini memiliki virtual account yang memudahkan identifikasi pembayaran, termasuk bank OCBC NISP yang telah menawarkan layanan virtual account.

Perbedaan antara Virtual Account dan Rekening Biasa
Setelah menjelaskan apa itu virtual account, kali ini safahad tech akan menjelaskan perbedaan antara virtual account dan rekening biasa.

Walau sudah ada, cukup banyak masyarakat yang awam tentang konsep virtual account. Oleh karena itu, banyak yang menyamakan transaksi Virtual Account dengan rekening biasa.

"Padahal ada perbedaan signifikan antara Virtual Account dan rekening biasa lho, yaitu dari sisi cara kerja," ujar Amran Setiawan, Cash Management Division Head Bank OCBC NISP.

"Virtual Account akan jauh lebih memudahkan Anda sebagai penerima dana untuk mengidentifikasi siapa saja yang melakukan pembayaran/transfer ke rekening Anda untuk spesifik tujuan tertentu. Dibandingkan dengan rekening biasa, dimana pembayar biasanya lupa untuk menuliskan keterangan/informasi yang diperlukan oleh Anda," lanjutnya.

Selanjutnya, Keuntungan dari Virtual Account
Keuntungan dari Virtual Account
Virtual Account adalah financial technology (fintech) yang telah mengubah cara orang bertransaksi. Virtual Account memiliki banyak keuntungan bagi penggunanya.

  • Transaksi Dapat Dilakukan Dimana & Kapan Saja
  • Keuntungan dari Virtual Account yang akan kita bicarakan pertama adalah fleksibilitas transaksi. Dengan VA, Anda dapat membayar kapan saja. cukup dengan membuka Mobile Banking dan memasukkan kode VA Anda.

  • Melayani Segala Jenis Transaksi
  • Saat ini, banyak provider virtual account telah mengembangkan fitur-fitur inovatif untuk mempermudah transaksi Anda. Anda dapat mengakses sebagian besar layanan VA yang di berbagai marketplace dan aplikasi. Jadi jika ingin membeli produk/menarik uang secara online, gunakan VA.

  • Tidak Perlu Konfirmasi Pembayaran
  • Pengguna tidak perlu repot untuk mengkonfirmasi pembayaran. Akun VA hanyalah akun khusus satu pengguna. Jadi setiap nasabah bank yang memiliki VA sudah terdeteksi identitasnya oleh bank secara otomatis, tanpa harus membuktikan pembayaran.

    Cara Kerja Virtual Account
    Cara kerja Virtual Account itu relatif, tergantung provider dan di mana akun VA dipasang. Namun secara umum, inilah alur kerja VA dari awal pembayaran hingga konfirmasi:
  • Akun VA yang terpasang di aplikasi memberikan kode pembayaran yang unik. Seorang pengguna membuka aplikasi M-Banking dan mencari opsi pembayaran yang menerima VA (biasanya fitur non-transfer).
  • Kode pembayaran akan disalin dan dimasukkan ke dalam proses pembayaran melalui VA.
  • Pembayaran Anda telah diproses dan akan dikonfirmasi dalam beberapa menit.

  • Selanjutnya, Cara Pembayaran menggunakan Virtual Account
    Cara Pembayaran menggunakan Virtual Account
    Seperti yang dijelaskan sebelumnya dalam Cara Kerja Virtual Account, setiap provider VA dapat memiliki alur pembayaran yang berbeda. Di bawah ini adalah contoh pembayaran Virtual Account OCBC NISP.
  • Salin kode pembayaran dari VA OCBC NISP di aplikasi pembelian Anda.
  • Buka aplikasi m-banking OCBC NISP, cari fitur “Pembayaran & Pembelian” atau sesuai kebutuhan (bisa angsuran, pembelian pulsa, pendidikan, dan sebagainya).
  • Masukkan kode pembayaran ke laman pembayaran yang muncul.
  • Nominal pembayaran akan ter-generate secara otomatis.
  • Klik tombol bayar dan tunggu sampai proses pembayaran terkonfirmasi.

  • Virtual Account adalah masa depan sistem pembayaran perbankan. Semakin besar basis pengguna virtual account, semakin efisien dan nyaman proses kerja bank bagi nasabahnya.

    Manfaatkan berbagai fasilitas dan layanan perbankan yang tersedia dari bank yang menawarkan layanan Virtual Account, pilih bank berdasarkan referensi, dan dapatkan pengalaman perbankan untuk menjadi sehat secara finansial.

    CLOSE